Survei Guinnes World Record : Jokowi-Ma’ruf Alami Peningkatan Dukungan

Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin

BANDAR LAMPUNG – Trend positif ditunjukan oleh pasangan petahana calon presiden (capres) – wakil presiden (cawapres). Sebab, terdapat peningkatan dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin di pilpres 2019 mendatang.

Hal ini berdasarkan hasil survei Guinnes World Record pada 14 – 22 September 2018 lalu dengan memakai metode sampling  multistage random sampling melalui 1.200 responden melalui wawancara tatap dan margin of error sekitar 2,9 persen.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan dukungan tersebut. Pertama, sebanyak 44,30 persen masyarakat menilai Jokowi paling dianggap berperan dalam kesuksesan penyelenggaraan Asian games 2018 lalu sehingga menambah sentiment positif (efek lebih mendukung jauh lebih besar dibanding efek semakin kurang mendukung).

Baca Juga:  Pidato di Selandia Baru, Presiden Jokowi Sebut Punya 8 Menteri Perempuan

Sebab, di masa kepemimpinan Jokowi saat ini telah mengukir sejarah olahraga Indonesia dalam meraih jumlah medali tertinggi di Asian Games. Kedua, perhatian pada lombok meningkatkan dukungan terhadap Jokowi – Ma’ruf Amin dengan 48,40 persen masyarakat mendukung pasangan petahana ini dan 39 persen masyarakat menilai sama saja.

Sementara di kubu penantang The New Prabowo dinilai tidak banyak berpengaruh. Sebab, Isu “The New Prabowo” belum populer, dan hanya didengar kurang dari 20 persen masyarakat. Setelah mengetahui ”New Prabowo”,  sebanyak 35, 50 persen menyatakan dukungannya, sementara 33,50 menilai sama saja dan 21,80 tidak menjawab.

Melihat itu semua, pasangan petahana ini unggul di semua pulau di Indonesia, tetapi bersaing ketat dengan Prabowo – Sandi di pulau Sumatera.

Baca Juga:  Presiden Jokowi dan Wapres JK Bayar Zakat di Istana

Di pulau Jawa, sebanyak 52, 6 persen masyarakat mendukung Jokowi –Ma’ruf, sementara di kubu penantang Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno meraih 25,9 persen saja dan 21,5 persen masyarakat masih belum memutuskan.

Kemudian, Pulau Kalimantan, sebanyak 61,4 persen masyarakat mendukung Jokowi –Ma’ruf Amin dan 30 persen ke Prabowo – Sandiaga Uno serta 8,6 persen masyarakat masih belum memutuskan.

Selanjutnya pulau Sulawesi, 58,9 persen masyarakat menyatakan dukungan ke Jokowi –Ma’ruf Amin dan 26,7 persen untuk  Prabowo – Sandiaga Uno serta 14,4 persen masih belum memutuskan.

Di pulau Maluku dan Papua, 76,0 persen masyarakat mendukung Jokowi –Ma’ruf Amin dan 12 persen ke Prabowo – Sandiaga Uno, kemudian 12 persen masih belum memutuskan. Kemudian, pulau Bali dan Nusa Tenggara, 50,0 persen masyarakat mendukung Jokowi –Ma’ruf Amin dan 35 persen ke Prabowo – Sandiaga Uno, kemudian 15 persen masih belum memutuskan.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Sambut PM China di Istana Bogor

Sementara itu di Pulau Sumatera, sebanyak 44,8 persen masyarakat mendukung Jokowi – Ma’ruf Amin dan 43,8 persen mendukung Prabowo – Sandiaga Uno, sementara 11,4 persen masih belum memutuskan.

Dilain sisi, dukungan partai pengusung untuk Jokowi – Ma’ruf Amin, pendukung PDIP paling militan sedangkan pendukung PERINDO paling kurang militan. Sementara itu, dukungan dari partai pengusung Prabowo – Sandi, pendukung Gerindra paling militan sedangkan pendukung Demokrat paling kurang militan. (*)

Jokowi

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan