Tahun 2019, Sebanyak 668 KK di Pesibar Menerima Bantuan Rumah Swadaya

Foto: Agus

KRUI – Sebanyak 668 Kepala Keluarga (KK) Penerima Bantuan Rumah Swadaya tahun 2019, mengikuti Kegiatan Sosialisasi dan Menerima Buku Rekening Bank.

Sosialisasi dan Peyerahan Buku Rekening tersebut dihadiri Langsung Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal.  dan berlangsung di Gedung Dharma Wanita, Kecamatan Pesisir Tengah, selasa (02/4).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Pemukiman (DPRDKP) Arman Ahyuni menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat guna meningkatkan kualitas rumah layak huni agar dapat meringankan beban masyarakat.

” Dalam meningkatkan kualitas rumah dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) secara bertahap Khususnya dikabupaten Pesisir Barat, ” Ujar Arman.

Diketahui Bantuan Rumah Swadaya (BRS) untuk kabupaten pesisir barat pada tahun 2019 yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian PU-PR, dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas PUPR Kabupaten Pesisir Barat pada tahun Anggaran 2019, Penerima BRS Berjumlah 668 KK.

Baca Juga:  Agus Istiqlal Resmikan Rumah Khusus Nelayan

Bupati kabupaten Pesisir Barat, Agus Istiqlal Berharap dengan di berikan BRS, dapat meringankan beban bagi keluarga penerima bantua, dan dapat meningkatkan kesejahteraan hidup bagi keluarganya.

Agus Istiqlal Juga Menghimbau Kepada Penerima BRS  agar pelaksanaan bantuan ini harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, dan dengan adanya Bantuan ini harus mencerminkan budaya gotong royong khusus nya sesama penerima bantuan dan masyarakat pada umumnya.

” Saya tekankan kembali kepada seluruh perangkat daerah untuk memperhatikan dalam penyusunan program kegiatan yang termuat dalam Renca Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2020, harus berdasarkan pada filosofi “money follow program anggaran mengikuti program,”. Tegas Bupati.

Baca Juga:  Udo Lal Gelar Ramah Tamah

Pertama, semua kegiatan yang direncanakan harus berdasarkan pada program yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan kegiatan yang telah ditetapkan dalam renstra perangkat daerah dengan tetap memperhatikan pada kewenangan daerah (urusan pemerintah daerah),

Kedua, dalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas output (hasil) dan outcome (manfaat) dari kegiatan tersebut. indikator yang ingin dicapai harus dapat diukur dalam pencapaiannya sehingga keberhasilan perangkat daerah dapat terukur sehingga dapat di evaluasi.

Ketiga, dalam perumusan kegiatan harus memperhatikan kemampuan keuangan daerah, selanjutnya kegiatan tersebut harus mampu untuk dilaksanakan, dengan capaian yang telah ditetapkan dan dengan anggaran kegiatan yang harus terserap dengan maksimal;

Keempat, agar memperhatikan sinergitas program dan kegiatan baik di dalam perangkat daerah maupun antar perangkat daerah, provinsi lampung dan pemerintah pusat.

Baca Juga:  Agus Istiqlal Hadiri Peresmian Asrama Ponpes Tahfidzul Qur'an Nur Islami

Dan kelima, kepada Perangkat Daerah agar aktif untuk mencari sumber pendanaan dari Non APBD kabupaten, baik melalui APBD Provinsi Maupun APBN.

“Saya berharap kiranya kita semua pada tahun ini, harus mampu merumuskan beberapa kebijakan dan program strategis untuk memacu percepatan pencapaian target pembangunan demi “terwujudnya pesisir barat barat yang madani, mandiri dan sejahtera,” tandas Bupati.

Sosialisasi dan Pembagian Buku Rekening Bank di hadiri oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BSPS rumah swadaya Provinsi Lampung Muhammad Syahwidin Ridho, Kaur Teknik Rumah Swadaya Provinsi Lampung Oktaria Vidia , Kepala BNI Cabang Krui, Kepala BRI Cabang Krui, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Unsur Forkopimda, Camat, Peratin dan Penerima Bantuan. (AGUS)

Agus Istiqlal Bantuan Swadaya

Posting Terkait