Tahun Ini Seluruh SMKN Terima PPDB Masuk SMKN 6 Bandar Lampung

Ilustrasi.(Ist)

BANDAR LAMPUNG –  Mulai hari ini hingga 6 Juni mendatang, seluruh SMAN/SMKN di Kota Bandar Lampung mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Akan tetapi, untuk PPDB tahun 2018 ini, seluruh SMKN yang ada di Kota Tapis Berseri, turut serta membuka posko pendaftaran masuk ke SMKN 6.

“Kami sengaja melakukan kebijakan ini ke seluruh SMKN di Bandar Lampung, selain mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi, juga untuk menarik minat siswa baru ke SMKN 6, karena tahun lalu peminatnya hanya sedikit,” jelas  Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Teguh Irianto, Senin (4/6).

Menurut Teguh, SMKN 6 Bandar Lampung, yang ada di jalan RE Martadinata, Sukamaju, Telukbetung Timur ini mempunyai sembilan program keahlian yang sebagian adalah mengenai kapal penangkapan dan pengolahan hasil perikanan. Namun masih kurang diminati masyarakat sehingga butuh promosi.

“Padahal dari data yang ada, lulusan SMKN 6 Bandar Lampung sangat baik, karena banyak perusahaan perkapalan yang sudah kerjasama dengan sekolah itu,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Lampung Suharto mengatakan, pendaftaran PPDB yang dibuka hari ini hingga Rabu (6/6) mendatang diperuntukkan bagi 95 persen total kuota di masing-masing sekolah.

“Mulai hari ini dibuka untuk pendaftaran zonasi dan non zonasi diluar zona kelima yang ditetapkan yaitu zona mandiri,” ungkap Suharto.

Dia mengatakan, hingga Senin siang laporan yang diterima dari beberapa kepala SMA di Provinsi Lampung, terdapat siswa asal luar Lampung yang mendaftar di beberapa sekolah di Bandar Lampung.

“Kalo laporan yang saya terima ada siswa dari Padang, Jakarta Bandung. Tapi untuk di sekolah saya sendiri saya belum dapat datanya,” kata Suharto yang juga kepala SMAN 9 Bandar Lampung ini.

Diungkapkannya, pada hari pertama pendaftaran, sebanyak 500 formulir pendaftaran yang disediakan SMAN 9 telah habis diambil oleh pendaftar, sementara pihaknya menyiapkan 300 nomor untuk pendaftaran online di hari ini.

Daya tampung siswa SMAN9 sendiri, lanjut dia, sebanyak 352 siswa. Namun demikian pihaknya tidak membatasi berapapun jumlah pendaftar hingga hari terakhir pendaftaran dibuka.

Untuk diketahui, tahun ini Pemerintah Provinsi Lampung menetapkan 5 zonasi dari sebelumnya yang hanya 3.

Kepala Dinas  Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar, menerangkan, 5 zona tersebut terdiri dari zona 1 bagi siswa Bandarlampung dengan kuota 75%. Sedangkan sisanya 25% melalui  zona 2, 3, 4 dan 5.

Untuk zona 2, bagi siswa dari luar Bandarlampung dengan kuota 5%, zona 3 bagi anak guru kuota 5%, zona 4 melalui jalur prestasi baik non akademik maupun akademik sebanyak 10%.

Prestasi bisa akademik maupun non akademik. Anak didik berprestasi non akademik misalnya sebagai juara karate atau olahraga lainnya. Sedangkan zona 5, jalur mandiri dengan kuota 5%.(Z/*)

SMKN 6 Bandar Lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan