Tak Digubris PT Waskita, Warga Ujung Gunung Ngadu ke Pemprov

Bam | Fajar Sumatera

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar rapat bersama Perwakilan Masyarakat Ujung Gunung, Senin (14/10).

Hal tersebut terkait tuntutan warga masyarakat Ujung Gunung, Tulangbawang dari tahun 2018 terhadap PT Waskita selaku pelaksana proyek jalan tol Lampung – Palembang, yang sampai saat ini belum juga di prioritaskan dan di fasilitasi oleh pihak perusahaan.

Tuntutan kepada pihak PT Waskita tersebut, diantaranya pembuatan jembatan penyeberangan sebagai akses masyarakat yang belum juga dipenuhi oleh pihak perusahaan dan juga penggunaan lahan lebak lebung atau kolam yang sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh petani dan nelayan.

Baca Juga:  Pemprov Cairkan DBH Pemkot Bandar Lampung

Perwakilan masyarakat Ujung Gunung, Supri, setelah rapat bersama Asisten II, menjelaskan, masyarakat Ujung Gunung, akibat pembangunan jalan tol tersebut sangat berdampak kepada petani dan nelayan.

“Untuk di lokasi khususnya Kelurahan Ujung Gunung, masyarakat yang usahanya berada di Tulung Seribu bagian barat, lahannya tidak bisa lagi di pakai dan dimanfaatkan kembali. Contohnya lebak lebung atau kolam yang sudah tidak bisa lagi di panen karena kondisi air nya masih tergenang,” papar Supri.

Baca Juga:  Pejabat Negara di Pemprov Lampung Wajib Lapor Kekayaan

Dan untuk di bagian timur sendiri lebak lebung tersebut juga tidak bisa di manfaatkan sama sekali dikarenakan akses air yang sudah tidak leluasa lagi karena pihak perusahaan hanya membuat satu karpet seluas 1×2 meter saja yang bisa diakses dan itu juga tidak bisa diakses oleh anak perahu atau nelayan.

Disamping itu pula tidak memungkinkan lagi untuk digunakan sebab kondisi rawa tersebut sudah tidak layak dan Harapannya itu dapat di kembalikan kembali seperti semula kala.

Baca Juga:  Pemprov Usul Rehabilitasi Lada dan Pala

Karena dampaknya tersebut dirasakan oleh lebih kurang 100 anak petani dan 87 nelayan sebagai sumber mata pencarian anak petani dan nelayan di kelurahan ujung gunung sebab hanya lahan tersebut lah yang hanya bisa di manfaatkan oleh mereka.

Sementara itu, Kepala Biro Adiministrasi Pembangunan Lampung, Zainal Abidin, mengatakan pihaknya  akan berkoordinasi dengan semua instansi terkait bahkan hingga Komnas HAM demi memfasilitasi keluhan dan harapan warga Ujung Gunung tersebut.(BM)

 

Pemprov Lampung PT Waskita Ujung Gunung

Posting Terkait