Takut Ditinggal Pergi, Istri Bantu Suami Tipu Bank Tunas Jaya Graha

Bandar Lampung-Sepasang suami istri warga Talang Padang  Kabupaten Tanggamus , didakwa telah memalsukan surat untuk pengajuan kredit ke bank Tunas Jaya Graha. Istri terdakwa mengaku terpaksa bekerja sama dengan suami  lantaran takut ditinggal pergi.

Sambil menangis di hadapan majelis hakim,  DS mengakui segala kesalahannya yang telah ikut serta bersama suami .Memalsukan identitas data diri  sebagai syarat pencairan pinjaman ke Bank Tunas Jaya Graha.

Dirinya mengaku terpaksa menuruti kemauan sang suami yakni TW,  lantaran ia dan anaknya tidak mau jika ditinggal pergi oleh TW,  seperti yang dilakukan terdakwa sebelumnya.

Diketahui pada persidangan pekan lalu,  TW dan DS  disidangkan bersama.  Dan didakwa telah melakukan pemalsuan surat  dalam pengajuan kredit usaha mikro melalui Bank Perkreditan Rakyat Tunas Jaya Graha , dengan nilai pengajuan sebesar Rp 130 juta.

Pasutri ini, menggunakan data orang lain sebagai debitur pinjaman tersebut  yang kemudian dipalsukan hingga menjadi data milik DS selaku istri dari terdakwa TW  diantaranya terdapat KTP ,KK akta nikah  serta NPWP.

Data yang dipalsukan oleh kedua terdakwa,  diketahui merupakan milik seorang teman dari sang istri bernama PE.  Yang sebelumnya telah meminjamkan sertifikat tanah hingga data miliknya kepada terdakwa DS.  Lantaran dijanjikan akan diajak bekerja sama untuk mengerjakan proyek rehab sebuah kantor stasiun TV.

Namun dalam kenyataannya,   sertifikat tanah milik PE, tersebut malah dijadikan jaminan kepada pihak bank untuk mencairkan kredit oleh keduanya.Selain  itu kios buah milik seorangn bernama DD dijadikan tempat usaha atas anama TW.

atas perbuatan kedua,  jaksa menjerat pasutri  dengan pasal  263 ayat 1 dan 2 KUHP, tentang pemalsuan surat yang mengakibatkan kerugian junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP  dengan ancaman hukuman penjara selama enam tahun .(Tinus)

 

Posting Terkait