Tanggamus Bidik 200.000 Ton Gabah

Ilustrasi. (Ist)

KOTAAGUNG—Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanggamus menargetkan dapat memproduksi 200.000 ton gabah kering giling. Upaya ini sebagai dukungan untuk menyukseskan target produksi 1 juta ton gabah se-Provinsi Lampung.

“Ketersedian  pangan di Tanggamus sedang surplus hingga 90.000 ton. Kedepan kita targetkan bisa memproduksi lebih dari 200.000 ton gabah. Peluang itu sangat mungkin untuk kita capai,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanggamus, Karjiono di acara Penyerahan SK Koordinator Penyuluh Pertanian Se Kabupaten Tanggamus, Selasa (21/11).

Baca Juga:  Devi Sujana Jadi Kasat Reskrim

Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi menuturkan, daerahnya memiliki topografi dan iklim paling bagus se- Lampung dan nyaris tidak ada istilah musim kemarau. Semua itu adalah potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

“Tanggamus tidak pernah bermasalah dengan ketersediaan gabah. Dengan harga yang cenderung stabil sehingga inflasi kita rendah. Itu semua adalah karya dari para penyuluh pertanian khususnya  tanaman padi,” ujarnya.

Baca Juga:  Manusia & Gajah Konflik Lagi

Menurut Samsul, dalam meningkatkan produksi pertanian tentu masih banyak yang harus dibenahi. Salah satunya adalah sumber daya manusia pertanian.

“Masalah yang dihadapi petani di pedesaan adalah rendahnya pengetahuan dan kreativitas dari petani,” kata dia.(SB.CD)

 

230 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Gabah Tanggamus

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan