Tanggamus Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

KOTAAGUNG—Dinas Pariwisata (Dispar) Tanggamus menggelar pelatihan ekonomi kreatif bagi para kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Program ini untuk meningkatkan kualitas SDM yang berimbas pada tumbuhnya perekonomian masyarakat.

Acara yang terpusat di Hotel Gisting Pekon Gisting pada Kamis (7/12) dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus, Samsul Hadi, Kepala Dinas Pariwisata Rento Noviana Damayanti, Camat Gisting beserta anggota Pokdarwis Tanggamus.

Menurut Samsul Hadi, kekayaan alam di Tanggamus baik pantai, air terjun dan lainnya seperti Pantai Teluk Kiluan harus dimanfaatkan agar berimbas positif pada daerah dan masyarakatnya.

“Banyaknya wisatawan yang jauh jauh datang ke Tanggamus hendaknya dimanfaatkan, bagaimana caranya membuat sesuatu terobosan yang bisa memancing minat wisatawan untuk membelinya, sehingga kedatangan mereka mampu meningkatkan perkenomian masyarakat,” kata Samsul.

Selain mampu mendongkrak perekonomian masyarakat banyak minat wisatawan yang datang di Tanggamus juga mampu mengangkat nama Bumi Begawi Jejama ke tingkat provinsi dan nasional, sehingga apapun potensi dan wisata dan kuliner perlu dipromosikan dan dikenalkan kepada masyarakat luas.

Kepala Dispar Tanggamus, Rento Noviana Damayanti menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan serta memotivasi Pokdarwis untuk lebih kreatif. Serta memanfatakan peluang-peluang yang bisa menumbuhkan perekonomian Pokdarwis, terlebih Tanggamus merupakan daerah yang mempunyai objek wisata sehingga harus diimbangi dengan ekonomi kreatif.

“Total Pokdarwis kita ada 16, dan pelaksanannya digelar selama empat hari, yang nantinya secara bergantian dilaksanakan, dan diikuti 25 Pokdarwsi, dan tiap kecamatan empat hingga tiga anggota,” tutup Retno.(sp)

538 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment