Tanggamus Peringati Hari Bersih Indonesia

Chandra | Fajar Sumatera

KOTAAGUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus peringati hari bersih Indonesia tahun 2019.

Kegian ini di pusatkan di Taman Wisata Muara Indah Kelurahan Baros Kecamatan Kotaagung,Jumat (27/9).

Kegiatan diawali dengan Apel pengecekan, penyerahan tong sampah dari Pertamina, penyematan PIN Indonesia bersih dan foto bersama.

Dalam sambutannya wakil Bupati Tanggamus H.AMSyapi’i menyambut gembira diadakannya kegiatan tersebut untuk terus melestarikan budaya kerja bakti secara gotong-royong menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari pencemaran dan polusi.

“Karena kebersihan itu termasuk bagian dari iman,”jelas wabup.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, mari kita ciptakan Tanggamus yang bersih, nyaman dan tidak ada polusi. Hari Bersih dalam rangka mendukung Indonesia yang telah dicanangkan pada tanggal 21 September 2019 bersamaan dengan World Clean-Up Day, Pemkab Tanggamus bersama Perhimpunan Mahasiswa Tanggamus (Permata) dibawah naungan Indonesia Indah Foundation, pagi ini melakukan Kegiatan “Bersih-Bersih Pantai.

Mulai dari Pantai Muara Indah, Pelabuhan Penyeberangan Kota Agung sampai Tempat Pelelangan Ikan Kota Agung, yang dilaksanakan dengan melibatkan OPD, FORKOPIMDA, Mahasiswa, Sekolah, Dunia Usaha, LSM dan Masyarakat.

Baca Juga:  Pemkab Tanggamus Hentikan Kegiatan Bersifat Kerumunan

Kegiatan Hari Indonesia Bersih dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah, sebagaimana amanah Perpres Nomor 97 Tahun 2017 yang telah ditindaklanjuti dalam Peraturan Bupati Tanggamus Nomor 50 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Untuk mendukung kebijakan tersebut dan juga menindaklanjuti SE Mendagri Nomor440/9149/SJ tanggal 9 September 2019 tentang Dukungan Untuk Mewujudkan Indonesia Bersih.

“Saya menghimbau kepada Saudara Camat/Lurah/Kakon/Kepala Instansi dan lain-lainnya, beberapa hal.  Menyediakan sarana dan prasarana persampahan di lingkungan RT/RW.  Menyediakan sarana dan prasarana persampahan dipusat keramaian.  Menyediakan spanduk terkait himbauan bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.  Melibatkan peran masyarakat untuk ikut serta melaksanakan kegiatan bersih lingkungan terutama didaerah pemukiman aliran sungai/selokan.  Mengurangi pemakaian bahan plastik dalam aktivitas sehari-hari.  Dukungan-dukungan lainnya untuk mewujudkan Indonesia bersih,” pesanya.

Baca Juga:  Pemkab Tanggamus Gelar Upacara Bulanan

Ia menambahkan pemerintah Pusat, Pemprov dan Pemkab terus berupaya dalam melakukan penanganan, pengolahan dan pengendalian persampahan khususnya melalui penyediaan sarana dan prasarana baik dari pengadaan yang bersumber Dana APBD, Dana Alokasi Khusus maupun kepedulian dan partisipasi dunia usaha/pelaku usaha di Wilayah Kabupaten Tanggamus.

Beberapa waktu lalu juga Kejaksaan Agung telah menyerahkan kepada Pemkab Tanggamus sebanyak 40 Set Tong Sampah ditambah 15 Set Tong Sampah dari Pemkab Tanggamus, dan telah terpasang secara bersamaan yang tersebar di beberapa titik di Wilayah Tanggamus.

Pada hari ini PT.Pertamina Marine Region III STS Teluk Semangka juga akan memberikan bantuan 20 unit drum tong sampah untuk kita pasang diwilayah Kota Agung. Dalam kesempatan ini, “saya mengajak kepada semua warga, baik yang tua, muda, bapak-bapak dan ibu-ibu mari kita selalu menjaga kebersihan lingkungan kita masing-masing supaya tercapainya hidup yang sehat,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pemkab Tanggamus dan TNBBS Rapat Bersama Soal Gajah

Sementara Yayang mahasiswi Unila selaku kordinator World Clean-Up Day, menambahkan memperingati hari bersih indonesia tahun 2019 ini. Kelolalah sampah untuk hidup bersih sehat dan bernilai serta wujudkan indonesia bersih laut bebas sampah plastik.

“Mempercantik muara indah melalui sadar lingkungan satuminggu,sekali untuk pantay kita agar selalu asri indah mempesona. ini tanggung jawab kita bersama,jadi jangan buang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Letkol Arh Anang Hasto Utomo S.IP.,M.Han  Dandim 0424/Tanggamus, Hi.A.M.Syafii. S.Ag (Wakil Bupati Tanggamus, Kompol MN Yuliansyah SH.MH Wakapolres Tanggamus, David Palapa Duarsa SH. MH.Kejari ttKab.Tanggamus, Heri Agus Setiawan.S.Sos Ketua DPRD Kab.Tanggamus, Hi. Faturahman SH Asisten  I Sekda Tanggamus, Drs. Sabarudin  Kepala Dinas Kominfo, Drs Firman Rani  Staf Ahli Bupati, Personil TNI-Polri, seluruh pegawai dinas Pemkab Tanggamus, pelajar dan masyarakat (SB/CD).

Hari Bersih Indonesia Pemkab Tanggamus

Posting Terkait