Target Stunting dan Gizi Kurang di Lampung Sama Rata Dengan Nasional

M. Ridho Ficardo

BANDARLAMPUNG – Dibawah kepemimpinan Gubernur M Ridho Ficardo, komitmen di sektor kesehatan dari pemerintah mulai dari pusat, provinsi dan kabupaten/kota sangat kuat dan bersinergi dengan baik.

Hal itu terbukti dari 100 persen Kasus Gizi Kurang yang ditemukan, langsung ditangani oleh jajaran Dinas kesehatan secara berjenjang.

Juru Bicara Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Asih  Hendrastuti, menyampaikan, dengan berakhirnya target Millenium Development Goals (MDGs) pada tahun 2015, secara langsung sudah masuk ke target Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi kelanjutan dari MDGs, adalah untuk mengakhiri segala bentuk malnutrisi.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Imbau Lestarikan Hutan

Salah satu indikatornya, sambung Asih, adalah laporan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) dari salah satu indikatornya Prevalensi Balita Stunting (bertubuh pendek) pada tahun 2013 lalu, Provinsi Lampung mencapai 37,2 persen dan Nasional 32,9 persen.

“Riskesdas di tahun yang sama dari indikator Prevalensi Gizi Kurang, Provinsi Lampung dan Nasional sama-sama meraih 19,6 persen. Hal itu menandakan komitmen pemerintah baik pusat hingga kabupaten/kota dibawah kepemimpinan Gubernur Ridho, terjalin dan terkoordinasi dengan baik,” papar Asih, Kamis (9/11).

Baca Juga:  Taman Purbakala Lamtim Harus Dipromosikan

Masih katanya, Prevalensi Stunting tidak diukur setiap tahun namun Prevalensi Gizi Kurang dipantau tiap tahun. Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2016, untuk Prevalensi Gizi Kurang di Provinsi Lampung adalah 14,1 persen dimana target Nasional di tahun 2019 adalah 17 persen

“Hal ini menunjukkan bahwa secara program upaya goal ke-2 SDGs untuk Prevalensi Gizi Kurang baik sudah on the track,” ungkapnya.

Baca Juga:  Warga Gedung Aji Lama Gotong Royong Pasang Atribut Ridho

Perlu diketahui, bahwa kejadian stunting merupakan potret gangguan gizi jangka panjang, sedangkan gizi kurang merupakan potret gangguan gizi akut/jangka pendek.(*/ZN)

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo stunting lampung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan