Tarif Listrik Hingga Juni Tetap

Gambar Ilustrasi (Ist).
JAKARTA, FS—Pemerintah dan PT PLN (Persero) telah memutuskan, tarif listrik untuk periode tiga bulan ke depan tidak berubah dari periode sebelumnya. Sebelumnya periode tarif listrik selama tiga bulan pertama 2017 berakhir pada Maret.
Tarif Tenaga Listrik (TTL) 12 golongan ‎pelanggan yang telah mengikuti skema tarif penyesuaian (adjustment) diputuskan tetap untuk periode tiga bulan ke depan. Periode tersebut April-Juni 2017.
“Setelah duduk bersama dengan PLN dan pak menteri,menghitung untuk April, Mei dan Juni tidak berubah,” kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman, Rabu (22/3).
Jarman menuturkan, seharusnya tarif listrik tiga bulan ke depan mengalami penyesuaian. Itu karena tiga parameter pembentukan tarif berubah. Tiga parameter tersebut adalah, harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP), kurs dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah, dan inflansi.
“‎Beru‎bah dong ada yang naik, ada yang turun (tiga komponen). Ada perubahan,tapi perubahan bisa dicover,” kata dia.
‎Jarman mengungkapkan, efisiensi yang dilakukan PLN dapat menutupi perubahan tiga formula tersebut. Faktor itu membuat tarif listrik untuk 12 golongan pelanggan yang subsidi listriknya sudah dicabut tidak berubah pada tiga bulan ke depan.

“Itu akan dikompensasi dengan efisiensi PLN. Itu pasti ada perubahan, dengan adanya efisiensi PLN bisa kompensasi itu,” tuturnya.(*)

245 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment