Tawuran Pelajar Warnai Hardiknas di Lamsel

Ilustrasi Tawura Pelajar (Ist)

KALIANDA– Puluhan pelajar SMA dan SMK di Kalianda, Lampung Selatan (Lamsel) yang merayakan kelulusan dengan melakukan aksi cora-coret serta konvoi menggunakan sepeda motor terjaring razia oleh jajaran Polres Lamsel, Selasa (2/5).

Perayaan dengan konvoi dijalanan itu mengganggu ketertiban umum, bahkan beberapa diantaranya alami kecelakaan lalulintas. Akibatnya, banyak kendaraan motor roda dua yang harus diamankan di Mapolres setempat.

Kasat Lantas Polres Lamsel, AKP Mubiarto Banu Kristanto mengatakan bahkan ada beberapa aksi pelajar yakni tawuran dan konvoi menggunakan sepeda motor dijalanan.

“Ada beberapa pelajar tawuran di dermaga bom, alhasil dua orang pelajar kami amankan,” kata dia, Selasa (2/5).

Baca Juga:  Begini Kronologi Tawuran Pelajar SMK 2 dan SMK 4

Sementara, dua pelajar dilarikan ke Rumah Sakit Umum Bob Bazar Kalianda karena mengalami kecelakaan lalulintas. Kedua pelajar putri itu, menggunakan sepeda motor Yamaha Mio BE-3793-DD yang bertabrakan dengan Yamaha Jupiter MX BE-4756-RS. “Satu pelajar mengalami luka berat dan satu lagi luka ringan, sementara pengendara yang ditabrak hanya luka lecet. Kejadian kecelakaan tepat di depan Mapolres,” imbuh Mubiarto.

Puluhan pelajar yang terjaring razia itu sempat diamankan di Mapolres Lamsel untuk diberikan pengarahan. Pelajar juga diperbolehkan pulang setelah pihak sekolah dan orang tuanya datang menjemput. Mereka konvoi dan ugal-ugalan dijalan menganggu ketertiban umum dan bisa menyebabkan kecelakaan lalulintas.

Baca Juga:  Tawuran Pelajar Libatkan Pelajar SMK 2 dan SMK 4

“Puluhan pelajar ini kami beri tindakan teguran sementara sepeda motornya ditilang,” jelas Mubiarto.

Para pelajar kelas XII datang kesekolah mereka untuk melihat pengumuman kelulusan. Selanjutnya, tanpa dikomandoi, mereka rayakan kelulusan dengan mencoret seragam sekolah dan konvoi di jalan raya. “Padahal kami suruh datang menggunakan baju koko untuk putra, putri menyesuaikan. Tapi mereka tetap membawa seragam putih abu-abu,” kata Edi guru MAN 1 Kalianda.

Dikatakannya, pihak sekolah sudah antisipasi dari awal agar tidak terjadi hal tersebut. Di sekolah, tas seluruh siswa diperiksa, untuk memastikan tidak membawa seragam sekolah.

Baca Juga:  Tawuran Pelajar Libatkan Pelajar SMK 2 dan SMK 4

“Sudah kami antisipasi, termasuk tas diperiksa tapi tidak ditemukan seragam,” kata dia.

Berdasarkan pantauan, konvoi sepeda motor oleh para pelajar itu sudah mulai terlihat sejak pukul 09.30. Ratusan sepeda motor hilir mudik di jalan protokol Kalianda, mereka berkumpul dibeberapa titik di daerah tersebut. Ironisnya, kejadian ini terjadi bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tiap 2 Mei. (AS)

419 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tawuran Pelajar

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan