Tegakkan Etika Menuntut Ilmu

Suasana belajar di kelas. (Ilustrasi/IST)

BANDARLAMPUNG – Ajaran Islam mengajarkan etika dalam menuntut ilmu. Menghormati guru dan bersikap santun kepadanya menunjukkan penghargaan terhadap ilmu pengetahuan.

Ustaz Dr A Bukhori Muslim menyampaikan tausiah ini dalam pengajian bulanan Lembaga Dahwah PD VIII Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI-Polri di Masjid Al Ijtihad, Pahoman, Bandarlampung, Sabtu (17/11/2017).

“Kita tidak boleh berhenti mencari ilmu, meskipun dengan segala penderitaan dan kesulitan yang dialami. Menuntut ilmu tidak mengenal jenis kelamin, jabatan, usia dan kekayaan,” kata dia.

Menurut dia, karena dengan menuntut ilmu seorang muslim dapat membedakan yang baik dan yang buruk, ilmu juga merupakan suatu alat untuk mendekatkan diri kita kepada Allah Swt.

Orang yang beriman, kata dia,  tidak akan puas dengan ilmu yang ia dapat, ia akan selalu berusaha untuk mengembangkannya, namun dalam menuntut ilmu, yang paling penting adalah niat.

“Awal dari menuntut ilmu dengan niat, yakni demi mengharapkan ridha Allah SWT, bukan untuk menyombongkan diri, menipu orang lain ataupun pamer kepandaian, akan tetapi untuk mengeluarkan diri kita dari kebodohan, dan menjadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain,” tandasnya.(RD)

 

Posting Terkait