Telan Miliaran Rupiah, Lambar Tambah 5 Ambulans

Foto: Febri Andrian/Fajar Sumatera

LIWA – Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menambah lima unit kendaraan Ambulans Hebat di Tahun Anggaran 2020.

Melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), lima unit Ambulance Hebat yang menelan anggaran hingga miliaran rupiah tersebut untuk Kecamatan Batu Berak, Kecamatan Sekincau, Kecamatan Air Hitam, Kecamatan Gedung Surian, Kecamatan Way Tenong  dan Kecamatan Sumberjaya.

Baca Juga:  Lambar Gelar Bimtek Pengadaan Barang Jasa Melalui Swakelola

Fasilitas kesehatan berupa mobil ambulans ini merupakan target untuk satu kecamatan satu armada oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat, Paijo mengatakan, pihak Dinas Kesehatan akan rekrutmen tiga orang petugas ambulans yang terdiri dari driver, perawat dan bidan di masing-masing kecamatan.

“Rekrutmen petugas ambulans untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat nantinya, setelah ada pendaftaran, pelamar akan di seleksi terdahulu kemudian pelatihan dan pembinaan terkait tugas dan fungsi. Karena, fungsi ambulance bukan berarti akan melakukan rujukan langsung terhadap pasien melainkan observasi terdahulu, seperti melakukan penanganan awal, cukup dirumah atau dirujuk ke puskesmas terdekat,” ucapnya Kamis (19/02).

Baca Juga:  Pemkab Lambar Persiapkan Liwa Fair dan HUT RI

Terpisah, Heri Gunawan, anggota DPRD Lambar mengatakan, pengadaan Ambulans Hebat merupakan akses dalam mempermudah masyarakat pedalaman yang sakit.

“Karena selama ini, alat transportasi di Lampung Barat sangat minim,” singkatnya.(FB)

Ambulans Hebat Pemkab Lambar

Posting Terkait