Tenaga Ahli DPR RI Dengarkan Dakwaan Jaksa

Tinus | Fajar Sumatera

BANDAR LAMPUNG – Terdakwa berinisial CA, seorang ASN yang berdinas di DPR RI, sebagai tenaga ahli anggota dewan dari fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), harus didudukan di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Tanjung Karang, untuk menjalani persidangannya dengan agenda pembacaan dakwaan dari jaksa, Jumat (13/12).

Warga Tasikmalaya, Jawa Barat ini, didakwa oleh jaksa telah melanggar pasal pasal 12 huruf e dan pasal 11 UU Nomor  31 Tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001, tentang perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Dalam dakwaan yang dibacakan oleh jaksa, pria 46 tahun ini, diduga meminta sejumlah uang kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Lampung Timur, dengan alasan sebagai biaya pelicin untuk mendapatkan bantuan alat mesin pertanian, yang seharusnya dapat diterima secara gratis dari pemerintah.

Awalnya terdakwa meminta uang sebanyak Rp70 juta kepada setiap kelompok, untuk satu unit traktor.

Namun, lantaran seluruhnya tak sanggup memenuhi permintaannya, maka mahar bantuan tersebut diturunkan menjadi Rp50 juta.

Terdakwa sendiri berhasil ditangkap oleh satuan anggota kepolisian Polres Lampung Timur, saat diadakan operasi tangkap tangan (OTT), sesuai dengan informasi yang didapat dari masyarakat.

Oleh karena perbuatannya tersebut, sesuai dengan pasal yang telah didakwakan, terdakwa terancam menjalani hukuman pidana penjara paling lama selama 20 tahun dan dikenakan denda paling banyak sebanyak Rp1 miliar.(TN)

 

Dakwaan Jaksa Fraksi PKB Tenaga Ahli DPR RI

Posting Terkait