Tenaga Kontrak Wajib Ikut BPJS Ketenaga Kerjaan

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Bandarlampung, Herry Subroto

BANDARLAMPUNG—Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Bandarlampung, Herry Subroto menuturkan, tenaga kerja kontrak di perusahaan swasta maupun pemerintahan, wajib diikutsertakan dalam program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Salah satu contoh yang baru sekitar dua bulan ini ada pegawai honor meninggal dunia di lingkungan Pemprov Lampung, dan pihak BPJS telah memberikan santunannya sebesar Rp24 juta. Jadi dengan diikutsertakannya pegawai dalam program ini sangat banyak manfaatnya,” kata Heri dalam acara sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga kontrak di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung di Pondok Rimbawan, Selasa (8/8).

Tenaga kerja kontrak di Pemprov Lampung yang jumlahnya mencapai 2641 orang, per April 2017 sudah diikutsertakan dua program BPJS TK yakni kecelakaan kerja dan kematian. Sedangkan di lingkungan Pemerintah Kota Bandarlampung belum diikutsertakan.

“Kami berharap nantinya pemkot bisa ikut untuk melindungi tenaga kerja honornya agar mendapatkan jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan seperti yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

Menurutnya, tenaga kerja kontrak sangat diuntungkan jika mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan. Selain karena memang ada undang-undang yang mewajibkan, tenaga kontrak juga tidak memiliki pensiun dan biaya kesehatan seperti yang diberikan pada pegawai negeri sipil, padahal resiko kerjanya sama.

Diadakannya sosialisasi ini, bertujuan untuk memberitahukan kepada para tenaga kerja kontrak di Pemprov Lampung, tentang manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami mensosialisasikan kepada para pekerja honor yang telah ikut dua program, agar mau ikut satu program lagi yaitu jaminan hari tua, karena keuntungan dan manfaatnya besar sekali,” ujarnya.

Sesuai peraturan, jaminan kecelakaan kerja dan kematian memang ditanggung sepenuhnya oleh  pemberi kerja, namun untuk jaminan hari tua ditanggung kedua belah pihak.(IH)

1,212 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan