Terminal BBM Sumbagsel Siaga 24 Jam

tbbm

BANDARLAMPUNG—Pertamina MOR II Sumbagsel sudah menyiapkan langkah antisipasi melonjaknya permintaan BBM selama Ramadan hingga Lebaran. Untuk menjaga kelancaran distribusi energi dan layanan, seluruh Terminal BBM (TBBM) di wilayah Sumbagsel akan beroperasi selama 24 jam.

“Di setiap TBBM juga sudah disiapkan tambahan mobil tanki untuk melayani masyarakat diluar penyaluran normal,” kata General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto, Rabu (16/5).

Erwin memprediksi konsumsi BBM jenis gasoline akan meningkat hingga 19% dari konsumsi normal. Rinciannya konsumsi pertamax turbo meningkat 38%, disusul pertamax 35%, pertalite 19% dan premium 15%.

“Prediksi kenaikan tertinggi konsumsi BBM jenis gasoline akan terjadi pada 9 Juni 2018 atau H-5 dengan angka kenaikan sebanyak 77% dari konsumsi normal,” kata dia.

Sebaliknya, untuk BBM jenis gasoil yakni BBM diesel seperti pertamina dex, dexlite, dan solar/bio solar diprediksi mengalami penurunan hingga 11% dari konsumsi normal, hal ini diakibatkan oleh tidak beroperasinya kendaraan berat saat arus mudik dan balik sehingga konsumsi solar/bio solar turun 13%.

Meski begitu tetap ada peningkatan untuk BBM jenis pertamina dex hingga 42% dan dexlite sebanyak 12%. Untuk BBM jenis gasoil, peningkatan konsumsi akan terjadi pada 31 Mei 2018 atau H-15 dengan angka kenaikan sebanyak 30% dari konsumsi normal.

Menurut Erwin, pihaknya sudah menyiapkan proyeksi penyaluran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pertamina memantau peningkatan dan kebutuhan energi selama puasa dan lebaran.

“Kami juga akan menyiapkan Tim Satuan Penugasan (Satgas) sejak  H-15 hingga H+15 Lebaran demi kenyamanan masyarakat,” ujarnya.(IH)

248 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

konsumsi BBM Sumbagsel

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan