TIKI Makin Serius Garap Pasar Lampung

BANDARLAMPUNG—PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) semakin menegaskan posisi bisnisnya di Lampung. Meski sebagai pendatang baru, TIKI optimistis bisa bersaing dengan kompetitor dalam menggarap pasar kurir di Lampung.

Managing Direktor TIKI Tomy Sofhian menuturkan, TIKI memiliki keunggulan dari perusahaan ekspedisi lainnya. Antara lain memiliki jaringan paling luas di Indonesia dan pengalaman matang karena ekspedisi paling tua, yakni 47 tahun.

“Kami sudah mengkover 98% dari kode pos di Indonesia. Kemudian, 80% kota/kabupaten, dan menjangkau 60 ribu dari 80 ribu kelurahan dan desa di Indonesia,” kata dia usai acara peresmian kantor TIKI cabang Utama Bandarlampung di Jalan Nusantara Nomor 2, Way Halim, Selasa (5/12).

Apalagi, saat ini TIKI memiliki fasilitas terbaru, yakni cash on delivery (COD). Pembeli tak perlu repot mentransfer dana karena pembayaran bisa dilakukan secara tunai saat pengiriman barang.

“Pembeli secara online bisa bayar setelah terima barang. Kemudian, kurir kami terima uangnya, dan uang akan kami kembalikan ke penjual barang,” kata dia

Tomy optimistis dengan pertumbuhan jasa kurir di Lampung. Pasalnya saat ini bisnis online sedang booming dan menjadi penyumbang terbesar dalam pertumbuhan jasa TIKI.

“Kami berharap, TIKI di Bandarlampung bisa tumbuh di atas 25%. Sekarang kan sedang marak online shop. Jadi, kami berharap pertumbuhan cukup tinggi dari Lampung,” ujarnya.

Tomy Sofhian mengatakan, TIKI di Bandarlampung sebenarnya sudah beroperasi sejak lama. Namun, peresmian ini karena manajemen langsung dari Jakarta.

“Sebelumnya kan partner dengan pengusaha lokal. Harapannya, dengan manajemen langsung dari pusat, TIKI di Bandarlampung lebih baik lagi,” kata dia.

TIKI memiliki 65 cabang utama di Indonesia, termasuk Lampung. TIKI memiliki sekitar 153 sub cabang dan lebih dari 1.200 gerai, serta 40-an ribu karyawan se-Indonesia.

“Di Bandarlampung, ada sekitar lima gerai penjualan, punya subcabang sekitar 15-an. Buka setiap hari, dan jam operasional normal, yaitu jam delapan pagi sampai jam sembilan malam. Bahkan, kami juga delivery pada Sabtu dan Minggu,” ujarnya.(*)

1,480 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Berita Terkait

Leave a Comment