Tim Terpadu Percepatan Pencairan Dana Desa Kemendes Sambangi Provinsi Lampung

Foto: Ist

BANDARLAMPUNG – Berdasarkan pantauan Kemendes PDTT melalui Direktorat Jenderal PPMD, sampai Minggu kedua Bulan Juni 2019 Dana Desa Tahun Anggaran 2019 di beberapa Provinsi mengalami keterlambatan  penyaluran  dari RKUN ke RKUD sebagaimana diatur dalam PMK Nomor 193 Tahun 2018, yakni paling lambat di Minggu Keempat Bulan Juni ini. Oleh karena itu, pihak Direktorat Jenderal PPMD mengeluarkan kebijakan monitoring dan evaluasi secara terpadu ke beberapa daerah, termasuk ke Provinsi Lampung.

Hasil monev terpadu di Provinsi tersebut, menurut Nurul Hadi, Deputi Bidang Menegemen Keuangan dan Tata Kelola Desa KN-P3MD, penyaluran Dana Desa tersebut baru di kedua kabupaten, yakni Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Lampung Barat, selebihnya masih dalam proses persiapan.

Baca Juga:  Inspektorat Tanggamus Pantau Realisasi Dana Desa

Demikian temuan Nurul Hadi dalam siaran Pers yang diterima Media, Kemarin (17/06 /2019)

Nurul Hadi menambahkan, untuk Sebelas Kabupaten lain, yakni Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Timur, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Tanggamus, Way Kanan, Pringsewu, Mesuji, dan Pesisir Barat masih dalam proses penginputan laporan realisasi penggunaan Dana Desa  Tahun 2018 pada aplikasi OMSPAN di tingkat OPD masing-masing Kabupaten.

”Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 193 Tahun 2018, batas akhir pencarian DD tahap I adalah minggu ketiga bulan Juni 2019 dan pencarian tahap II adalah minggu keempat bulan Juni 2019, sehingga waktunya yg tinggal beberapa hari ini harus sudah diselesaikan persoalan administrasinya”, kata Nurul Hadi.

Baca Juga:  Sejumlah Desa di Pesawaran Ajukan Pencairan Dana Desa

Dalam kesempatan tersebut,  Nurul Hadi bertemu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Lampung Tengah dan jajarannya, didampingi M. Harta dari KPW Lampung beserta seluruh Tenaga Ahli P3MD Kabupaten, sebagian PD dan PLD, dia mengatakan     telah disepakati bahwa untuk proses percepatan pencarian DD tahap II di Kabupaten Lampung Tengah untuk melibatkan seluruh Tenaga Ahli dalam input laporan realisasi tahun 2018 ke dalam aplikasi OMSPAN, dan target selesai tgl 20 Juni 2019, untuk selanjutnya masuk ke KPPN pada tanggal 21 Juni 2019 sehingga target pencarian tahap II ini tidak sampai tanggal 30 Juni 2019.

Nurul Hadi juga berkunjung ke Kabupaten Tulang Bawang Barat. Dalam kunjungan yg di dampingi oleh Masyhuri Koordinator Provinsi (KPP) P3MD Lampung menemui Kabid Administrasi Tiyuh, Bpk  Andika D. Santoso, SH.,  disampaikan bahwa proses input OMSPAN di Kabupaten Tulang Bawang Barat sudah selesai dan dalam proses minta tanda tangan Bupati. Dengan kondisi seperti ini, pihak Pemda Tubaba yakin bahwa pencarian DD 2019 tahap II bisa memenuhi target, tidak sampai akhir bulan Juni 2019.

Baca Juga:  Digunakan Bimtek, Kejati Siap Usut Dana Desa Lambar

”Diharapkan semua kabupaten yg belum selesai proses input OMSPAN, agar bisa memberdayakan teman teman TA Kabupaten dan PD yang ada di wilayahnya, pihak Dinas Keuangan Daerah dan DPMD juga membuka diri guna kepentingan percepatan, sehingga semua kabupaten di Provinsi Lampung tidak ada yang terlambat dalam pencarian DD tahap II ini”, pungkasnya.(*)

Dana Desa PDTT PPMD

Posting Terkait