Tim Wasev Mabes TNI Tinjau Kegiatan TMMD ke-103 Pekon Argopeni

TANGGAMUS – Jajaran Makodim 0424 Tanggamus menyambut Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Markas Besar (Mabes) TNI untuk meninjau kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) – ke 103, di Pekon Argopeni, Sumberejo, yang rencananya akan ditutup pada Selasa 13 November 2018 mendatang.

Mewakili Ketua Tim Wasep Mabes TNI, Laksma TNI. Edi Sucipto, “Kolonel Laut (S) Zakaria G, danLetkol Laut (KH) DJ. Marjuki, dalam arahanya mengatakan, Kegiatan TMMD ini bukan hanya fokus bergotong royong dan fisik  saja, namun juga ada kegiatan lainya seperti bela negara, yang mempunyai dasar kedaulatan, jadi anak-anak yang masih belajar di sekolah wajib tahu apa itu bela negara,” terangnya, Kamis (8/11).

Lebih lanjut Kolonel Laut Zakaria mengatakan “saya sangat terkesan di kabupaten Tanggamus ini selama saya berkeliling di 33 Provinsi se Indonesia baru kali ini saya di bopong naik Reok Ponorogo, artinya kesenian di Kabupaten Tanggamus sangatlah di lestarikan,” sanjungnya.

“Adapun maksud dari kedatangan saya dan staf adalah dalam rangka melaksanakan perintah Bapak Kasad Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung jawab Operasional TMMD. Guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan untuk mendapatkan Saran dan masukan Sebagai Bahan Evaluasi untuk Perbaikan TMMD akan dating,” ungkapnya.

“TNI Manunggal Membangun Desa telah berjalan selama 38 tahun, diawali pada tahun 1980 ketika pertama kali digagas oleh Jenderal M.Jusuf. Pada saat itu masih bernama ABRI Masuk Desa(AMD). Program AMD berfokus pada pembangunan Masyarakat di perdesaan.”

“Desa dipilih sebagai objek pembangunan karena desa memiliki peran yang penting dalam pembangunan Nasional. Termasuk di dalamnya sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di desa, sehingga desa merupakan pertahanan terakhir dalam pertahanan.  perkembangannya menjangkau ke daerah-daerah terpencil dar terpelosok,daerah perbatasan, daerah kumuh perkotaan negara.”

“Dalam TMMD maupun daerah yang dilanda bencana ini merupakan Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementrian, LPNK Pemda dan Masyarakat sebagai upaya untuk mendukung program Pemerintah dalam rangka percepatan Pembangunan didaerah-daerah,” jelasnya.

Program TMMD dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dengan menggunakan proses bottom up planning system yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral karena melibatkan semua unsur-unsur yang terkait, mulai dari tingkat Desa, Kelurahan, kab/kota.

Sasaran yang telah terpilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah.

Program TMMD selama 30 hari dan setelah kegiatan TMMD selesai akan di serahkan Kepada Pemerintah Daerah, sehingga hasil TMMD dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam pelaksanaannya,” bebernya.

“Disamping itu ada juga giat non fisik berupa penyuluhan, sosialisasi dalam rangka pembentukan karakter generasi muda serta giat lainnya yang sifatnya untuk memberikan penguatan atau kekebalan bangsa.

Dalam Pelaksanaan TMMD kali ini marilah kita bersama-sama bergotong-royong saling membantu untuk mensukseskan pelaksanaan TMMD Ke-103 agar hasil pelaksanaan dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam jangka panjang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang diwakili oleh Wakli Bupati Syafi’i, mmengatakan, “Perlu diketahui di Kabupaten Tanggamus mempunyai banyak potensi destinasi wisata yang bervariasi mulai dari objek wisata laut sampai pegunungan seperti, wisata laut Teluk Kiluan, Pantai Gigi Hiu, Pantai Muara Indah, Pantai Sepanjang Teluk Semaka, Air terjun Way Lalaan, Air Terjun Lembah Pelangi, Mata Air Panas Ulu Belu, Bendungan Batu Tegi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kegiatan TMMD ke-103 yang secara resmi dimulai pada Tanggal 15 Oktober 2018 yang dilaksanakan berdasarkan, Surat Telegram Pangdam II/Sriwijaya Nomor : ST/159/2018 Tanggal 30 Januari 2018 tentang perintah agar merencanakan dan menyiapkan pelaksanaan kegiatan TMMD TA 2018.

Bupati Tanggamus Nomor Keputusan B/284/38/08/2018 Tangal 01 Agustus 2018 tentang penetapan lokasi sasaran pembangunan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa(TMMD) ke- 103 Kodim 0424/Tanggamus Tahun Anggaran 2018.

Proposal dari Kepala Pekon Argopeni Kecamatan Sumberejo Nomor 600/13.05/2018 Tanggal 08 Januari 2018 tentang usulan kegiatan pembukaan jalan dari Pekon Argopeni tembus ke Pekon Dadapan dan Pekon Simpang Kanan, melalui Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0424/Tanggamus Tahun Anggaran 2018.”

Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, “Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah Serta Komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah perdesaan khususnya daerah yang tergolong tertinggal, miskin, terisolasi terpencil, daerah perbatasan,pulau-pulau terluar dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena akibat bencana,” jelasnya.

Pada dasarnya adalah sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan di daerah yang berdaya guna bagi kepentingan pembangunan,peningkatan kesejahteraan maupun pertahanan dan keamanan Negara.

“Kondisi sosial Kecamatan Sumberejo umumnya bermata pencaharian Petani ladang dan tegalan, di samping sebagai penghasil pertanian, sayur-sayuran juga sebagai penghasil kopi, lada, coklat, pala dan bunga-bungaan, sehingga membutuhkan pengarahan dan sistem pengolahan yang baik,” tandasnya.

Di lanjutkan sesi tanya jawab oleh masyarakat kepada ketua tim Terkait Kegiatan TMMD.

Sujarwo,(45)berharap “ lapangan bola tolong di ratakan, supaya tanahnya jangan miring lagi. Harapan kami TTMD ke depan di ada kan kembali,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kolonel Laut (S) Zakaria G., Letkol Laut (KH) Marzuki, Letkol Inf Dhebok Sumantoko (Pabandya Wanwil Sterdam II/Swj), Letkol Inf. Sahnun (Kasiter Korem 043/Gatam), Mayor Inf. Asrin (Pasiter Korwm 043/Gatam), Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, S.IP, M.Han (Dandim 0424/Tanggamus), H.Am.Safe’i. S.Ag (Wakil Bupati Kab. Tanggamus), Sohibur Rachman.A.Md.S.Sos (Ka Lapas Kota Agung), Mayor Inf. Asrin (Pasiter Korem 043/Gatam), Drs. Ajpani MM (Kakesbangpol Kab. Tanggamus), Kompol Misbahudin (Kabagren mewakili  Kapolres Tanggamus), Darman Harja Saputra ( BPN Kab. Tanggamus), Sabarrudin (Kadis Kemeninfo Kab. Tanggamus), Mayor Inf Suhada Erwin (Kasdim 0424/Tanggamus), Mayor Czi Ganda Tarius S.Sos (Pabung 0424/Tanggamus), Para Perwira staf Kodim 0424/Tanggamus, Para Danramil Jajaran Kodim 0424/Tgm, Para Kapolsek Jajaran Polres Tanggamus, M. Ngalim (Camat  Sumberejo) dan Kepala Pekon seKec. Sumberejo dan masyarakat.

Sementara kegiatan non fisik, adalah kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan mental spiritual atau kejuangan guna menumbuhkan kesadaran masyarakat, di Pekon Argopeni Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus meliputi :

a. Pelayanan Pengobatan Gratis

b. Pelayanan KB- Kesehatan

c. Penyuluhan Kesadaran Hukum dan Kamtibmas

d. Penyuluhan Bela Negara

e. Penyuluhan Bahaya Narkoba

f. Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan

g. Kegiatan Kemah Bakti Pramuka

h. Pemutaran Film Penerimaan Prajurit TNI

i. Penyuluhan Perternakan dan Perkebunan

j. Lomba Lukis Tingkat TK dan SD

k. Pelayanan KTP anak, Akte dan KTP Elektronik Pasar Murah

l. Pelayanan Sim C dan Sim E

m. Memberikan bantuan mesin jahit

n. Memberikan Bantuan Alat Olah Raga.

(SB/CD)

Tim Wasev Mabes TNI TTMD - ke 103

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan