Timah Panas Hentikan Pelaku Curanmor

Ilustrasi (Ist)

MESUJI-Kepolisian Mapolsek Simpang Pematang di Kabupaten Mesuji menangkap komplotan pencuri sepeda motor yang diduga jaringan antarprovinsi dari kawasan Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, Mesuji, Kamis (27/4) sore.

Namun saat akan ditangkap, satu pelaku berusaha melawan dan melarikan diri sehingga petugas harus melepaskan tembakan dan mengenai betis pelaku dan harus dibawa ke RSUD Mesuji.

Satu pelaku ditangkap itu bernama Suswanto (27), warga Sidobasuki Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komeling Ilir (OKI) Sumatera Selatan yang sangat meresahkan masyarakat. Para pelaku itu ditengarai selalu melakukan aksi pencurian sepeda motor secara terorganisir dan sudah puluhan kali melakukannya bersama dua rekan lainnya yang kini masih buron berinisial S serta N.

Baca Juga:  Usai Kencan Motor Digasak

Dalam aksi terakhirnya, para pelaku mencuri sepeda motor milik korban, warga Simpang Pematang Mesuji, Lampung maupun Mesuji, Ogan Komering Ilir (Sumatera Selatan). Kapolsek Simpang Pematang Kompol Muji Sulihono mengatakan, kawanan pelaku pencurian sepeda motor tersebut adalah sindikat antarprovinsi Sumatera Selatan dan Lampung.

Menurutnya, aksi pencurian sepeda motor itu bermula saat pelaku Suswanto mengajak pelaku lainnya untuk mencuri sepeda motor dengan cara berburu ke sejumlah lokasi (hunting). Kemudian, satu pelaku menjemput teman lainnya lagi yakni S dan N. Lalu, para pelaku menuju Jalan Lintas Timur Simpang Pematang dan melihat belasan sepeda motor terparkir di rumah warga.

Baca Juga:  Pelaku Curanmor di Lampung Barat Diciduk Buser

Mereka berhenti di depan sepeda motor korban berjarak sekitar 30 meter. Pelaku Suswanto kemudian turun dari sepeda motor dan mengambil sepeda motor yang diincar tersebut dengan cara membuka kuncinya menggunakan kunci T hingga bisa dihidupkan.

Salah satu warga Simpang Pematang pemilik motor yang hilang Andrianto langsung melaporkan ke Polsek Simpang Pematang. Pada saat penangkapan hingga akan dilakukan pengembangan terhadap pelaku lainnya, dua pelaku melakukan perlawanan dan hendak melarikan diri. Petugas sempat memberikan tembakan peringatan, namun tak digubris hingga akhirnya polisi melumpuhkan satu pelaku dengan senjata api.

Baca Juga:  Tiga Pelajar Lamtim Pelaku Curanmor

Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti belasan unit sepeda motor, lima buah dompet merek livis, enam buah telepon genggam, puluhan kunci T, kampak, dan puluhan senjata tajam. Para pelaku pencurian sepeda motor itu dijerat pasal 363 KUHP ayat (2) dengan ancaman sembilan tahun penjara.(L1)

Curanmor

Posting Terkait