Timtamtum

Ngupi Pai

Ngupi Pai

Oleh Riko Firmansyah

SELAYAKNYA pemerintah membuka matanya bahwa mayoritas rakyatnya adalah muslim. Sensus 2010, 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam, 6,96% Protestan, 2,9% Katolik, 1,69% Hindu, 0,72% Buddha, 0,05% Kong Hu Cu, 0,13% agama lainnya, dan 0,38% tidak terjawab atau tidak ditanyakan. Di bumi umat muslim mencapai 1,6 miliar jiwa atau 22,32% dari 7,167 miliar jumlah penduduk dunia.

“Muslim Indonesia terbanyak di dunia,” ujar Minak Tab.

Baca Juga:  Ruang Ekspresi

“Maksudnya, Minak?” Tanya Saleh.

“Kok gak sadar-sadar kalau waktu efektif untuk melakukan aktivitas duniawi hanya 11 bulan. Selebihnya, menghabiskan waktu dengan ibadah dan memperoleh pahala sebanyak pahala ibadah 80 tahun,” jawab Minak Tab.

Artinya, apa pun yang dikerjakan umat muslim dalam 11 bulan itu muaranya untuk dicurahkan pada Ramadan—bulan kesembilan dalam kalender Islam. Di Lampung ada yang menerapkan itu. Yaitu, RM Begadang di kawasan Tugu Adipura, Bandarlampung. Mereka tutup di bulan suci.

Baca Juga:  Pejabat Kok Plin-Plan

Kenapa pemerintah tidak menerapkan hal yang sama, meskipun dengan kondisi tertentu? Misalnya, OPD yang tidak terkait dengan pelayanan masyarakat agar  diliburkan dini. Contohnya, dinas pertambangan.

Kalaupun untuk mengantisipasi hal-hal di luar dugaan, bisa dibentuk tim gabungan dengan langsung dikomando oleh kepala daerahnya masing-masing.

“Kan ada tim safari Ramadan,” kejar Saleh.

“Iya, tapi bukan yang keliling kampung dengan mengajak buka puasa masyarakat,” jelas Minak Tab.

Baca Juga:  Pemkot Bokek

Kalau itu yang dikerjakan sepertinya tak pas karena lebih condong pada pencitraan dan hanya cocok dilakukan pihak-pihak yang ingin menjadi peserta pilkada atau pemilu. Apa gunanya sekkab, sekkot, atau kepala dinas, mencitrakan dirinya dalam tim.

“Tim yang saya maksud, ya seperti tadi. Mereka bertugas melapis tugas pokok dan fungsi dinas yang telah diliburkan dini. Kalau yang keliling kampung itu timtamtum namanya,” ketus Minak Tab.

Ngupi Pai safari ramadan pemerintah Timtamtum

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan