TNI Terima 8 Helikopter Tempur Apache Hari Ini

Penyerahan helikopter Apache AH 64E kepada TNI di Semarang. (Istimewa)

Kementrian Pertahanan resmi menyerahkan 8 Helikopter Apache AH 64E kepada TNI di Pangkalan Udara TNI AD Ahmad Yani Semarang, Rabu (16/5/2018).

“Apache AH 64E ini merupakan heli berteknologi paling canggih saat ini,” kata Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, seperti yang dilansir dari detik.com, Rabu (16/5/2018).

Baca Juga:  Polri Perpanjang MoU Pengamanan Unjuk Rasa dengan TNI

Keberadaan helikopter seharga USD 41 juta per unit itu diharapkan bisa memperkuat kedaulatan NKRI khususnya di wilayah darat. Ryamizard pun meminta agar heli tersebut dipelihara dengan baik agar masa pakainya optimal.

“Untuk TNI, pelajari pengunaannya agar tidak ada kekeliruan yang tidak perlu,” tandasnya.

Penyerahan dilakukan Menhan kepada TNI yang diwakili Aslog Panglima TNI, Laksda TNI Bambang Nariyono. Dengan adanya heli itu berarti melengkapi alutsista Skuadron 11/Serbu Semarang Puspenerbad.

Baca Juga:  TNI Tambah Bantuan Kemanusiaan di Maluku

Dalam serah terima itu hadir juga Wakil Dubes AS untuk Indonesia Erin Elizabeth McKee. Menurut Erin, pembelian helikopter tersebut merupakan bentuk kemitraan strategis Amerika Serikat dan Indonesia.

“Kami berharap dengan tambahan Apache ini kepada angkatan bersenjata Indonesia dapat mendukung komitmen kedua negara untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Indo-pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Erin.

Baca Juga:  Guna Penuhi Kebutuhan TNI, Presiden Jokowi Minta Peningkatan Industri Strategis

Proses serah terima juga dilakukan juga dengan mengguyur bunga ke helikopter. Kemudian Menhan melakukan peninjauan. Setelah itu ada aksi demontrasi 2 heli Apache yang mengudara. (net/hp)

371 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Heli Apache TNI

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan