Transmart Lampung Langgar Aturan

Transmart Lampung. (Ist)

BANDAR LAMPUNG – KOMISI III DPRD Bandar Lampung menyampaikan pendapat terkait pusat perbelanjaan dan wahana permainan Transmart yang dianggap memicu kemacetan di Jalan Sultan Agung-Ryacudu.

Rapat dengar pendapat di Ruang Lobi Gedung Sekretariat DPRD Bandar Lampung, Rabu (17/1/2018), terungkap banyak pelanggaran dimana rekomendasi dari pemerintah tidak diindahkan pihak manajamen Transmart.

Di antaranya tidak menjalankan rekomendasi Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin) dari Dinas Perhubungan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Iskandarsyah mengatakan Dishub telah mengeluarkan dokumen andalalin setelah pembangunan Transmart berjalan.

Baca Juga:  Wiyadi Kembali Pimpin DPRD Kota Bandar Lampung

Seharusnya, Transmart sudah mengantongi dokumen andalalin  sebelum pembangunan berlangsung.

“Andalalin memang sudah dikeluarkan, akan tetapi itu ketika pembangunan gedung sudah hampir selesai. Jika seandainya pihak Transmart melakukan pengkajian sebelum dibangun, mungkin dapat dirubah. Tapi ini sudah dibuat, sementara untuk merubah desain, pihak Transmart Way Halim mengaku tidak memiliki kebijakan, harus menunggu dari pusat,” kata Iskandarsyah.

Kepala Bidang Pengawasan Dinas Tata Kota dan Perumahan Rakyat, Dekrison, menjelaskan selain persoalan andalalin, Transmart juga melanggar proses administrasi perizinan.

Baca Juga:  Syarif Hidayat Usul Sekolah Swasta¬† Bisa Biling

Dekrison menjelaskan, dalam site plan pembangunan Transmart tidak terdapat pembangunan ruko. Sementara kenyataan di lapangan, selain pusat perbelanjaan dan wahana permainan, pihak Transmart juga melakukan pembangunan ruko.

“Kami sudah menanyakan, mengapa terdapat pembangunan ruko, sementara dalam site plan tidak ada pembangunan ruko, hanya pusat perbelanjaan saja,” tegas Dekrison.

Selain itu, Dinas Tata Kota juga menyesali sikap Dinas Perhubungan yang dinilai tidak tegas terhadap pihak Transmart yang secara terang-terangan telah menyalahi aturan.

Baca Juga:  BMW Hantam Motor, 1 Orang Tewas

Hearing yang dipimpin Ketua Komisi III Wahyu Lesmono dari Fraksi PAN itu diihadiri Sekretraris Komisi III Ahmad Riza (Fraksi Gerindra), anggota Komisi III Dedi Yuginta (PDI-P), Juhari (Gerindra), Albert Alam (PPP), Taufikur Rahman (PKB).

Sementara dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut hadir parwakilan dari Dinas Tata Kota dan Pemukiman, Dinas Perhubungan, Camat, Lurah, dan Dirlantas Polda Lampung. (RD)

DPRD Kota Bandar Lampung Rapat Dengar Pendapat Transmart

Posting Terkait