Tujuan Utama Komjak ke Kejati Lampung: Pantau 8 Aduan & Kasus yang Jadi Perhatian Publik

Komjak Minta Berkas Pemeriksaan Oknum Jaksa ke Kejagung yang Muncul di Tiap Kasus Hasil OTT KPK

Anggota Komjak Ibnu Mazjah di Kantor Kejaksaan Tinggi Lampung. Foto: Ricardo Hutabarat

Fajar Sumatera – Anggota Komisi Kejaksaan [Komjak] Ibnu Mazjah mengatakan kunjungan ia bersama staf ke Kejaksaan Tinggi [Kejati] Lampung adalah untuk menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat [lapdumas] yang diterima lembaganya dan menindaklanjuti pengawasan terhadap kasus yang menjadi perhatian publik.

“Jadi kami dari Komisi Kejaksaan dalam rangka untuk melakukan pemantauan terhadap laporan pengaduan masyarakat yang disampaikan kepada Komisi Kejaksaan. Terus yang kedua juga, menindaklanjuti kasus-kasus di wilayah Kejati Lampung ini yang menjadi perhatian publik,” tuturnya kepada Fajar Sumatera di Kantor Kejati Lampung, Kamis, 19 November 2020.

Baca Juga:  Pengadaan Benih Jagung Tahun 2018 Senilai Rp138 Miliar Disoal

Ia mengatakan setidaknya ada 8 lapdumas yang dipantau Komjak melalui Ibnu Mazjah. “Kurang lebih ada 8. Ada juga yang sifatnya penanganan perkara-perkara korupsi seperti di Tanggamus, tapi kami sudah melakukan cross check,” katanya.

Yang dimaksud Ibnu ini adalah, penghentian penyelidikan penanganan perkara dugaan korupsi yang ditangan Kejaksaan Negeri Tanggamus.

Ibnu menyatakan, sejauh dari evaluasi dan penjelasan yang disampaikan Bidang Pengawasan Kejati Lampung, penghentian penanganan penyelidikan itu masih dinilai memegang prinsip kehati-hatian. Meski begitu, lanjut Ibnu, perkara tersebut masih memiliki potensi untuk ditindaklanjuti oleh kejaksaan dengan syarat: jika ada bukti baru.

Baca Juga:  Kejati Lampung Usut 2 Proyek Rigid Beton Waykanan

“Berdasarkan klarifikasi yang kami dapatkan itukan sudah ada penyampaian laporan dan sudah dimintakan keterangan dari ahli. Jadi berdasarkan keterangan dari ahli yang menyatakan tidak ada perbuatan ranah hukum sehingga penyelidikan itu tidak dilanjutkan kecuali bila memang ada bukti baru,” tukas dia.

Penghentian penyelidikan kasus ini sebelumnya sudah diulas, baca di sini.

Reporter: Ricardo Hutabarat

Baca Juga:  Dosen Cabul UIN Diproses Kejati

Ibnu Mazjah Kejati Lampung Komjak

Posting Terkait