Uji Coba Arinal

Ngupi Pai

Oleh: ABDULLAH AL MASUD

MESKI pemilihan gubernur (pilgub) di Lampung masih setahun lagi, tapi genderang perang sudah ditabuh sejak awal tahun ini. Jika sebelumnya hanya muncul calon M Ridho Ficardo dan Herman HN, kini muncul lagi pendatang baru, yakni Arinal Djunaidi, Ketua Partai Golkar Lampung yang konon dibiayai Sugar Grup Company (SGC).

Kedatangan Bos SGC yang membiayai Arinal di kancah pilgub sudah berhembus deras di semua kalangan, dari kantor dewan, kantor gubernur, kantor wali kota, kantor bupati sampai masuk dapur.

Baca Juga:  Karakter Bangsa

Perbincangannya pun demikian, dari kantor orang berdasi sampai warung dan pos ronda. Semuanya bilang, Arinal dibiayai SGC.

Hal itu juga dibuktikan dengan, Arinal hingga kemarin masih menggelar wayang kulit sebagai fasilitas pemancing dalam rangka sosialisasi ke warga dengan imiing-iming hadiah yang menggiurkan.

Padahal waktu jadi pejabat di Provinsi Lampung, borok-borok mau terjun ke lapangan, apalagi sampai melongok ke rakyat miskin. Belakangan ini, sikap Arinal mulai ramah menyapa rakyat. Istilah kerennya, mereka rajin blusukan menyambangi kehidupan masyarakat bawah.

Baca Juga:  Timtamtum

Meski itu perilaku ‘tidak umum’, namun tentu menyejukkan hati rakyat. Tapi sebagian besar ada pula yang bertanya-tanya: “Tumben, ada apa, ya?” atau “Pasti, ada maunya nih”, dan lain sebagainya.

Meski demikian, rakyat di Lampung makin piintar. Mereka tak mau dibodohi apalagi dengan iming-iming pemberian uang.

Namun demikian, banyak juga yang bilang, Arinal masih diuji coba oleh Bos SGC. Alasannya, pihak SGC juga tak mau membuang uang yang sangat banyak jadi sia-sia.

Baca Juga:  Filter Globalisasi

Pihak SGC juga tentu ingin melihat peningkatan elektabilitas sebagai penentu kualitas calon yang dibiayainya.  Bisa saja SGC lari ke Herman HN setelah mengetahui tak ada peningkatan elektabilitas.  Rayat juga tentu sudah tahu siapa yang dipilih dan layak memimpin Lampung.

Rakyat tidak bodoh melihat dagelan politik semacam itu. Rakyat tidak akan terjebak oleh kesenangan sesaat, membuatnya menderita berpanjangan.

754 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Ngupi Pai

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    • Oleh Supendi Kalau ditanya apa yang paling identik dengan

    • Oleh Riko Firmansyah SELAYAKNYA pemerintah membuka matanya bahwa mayoritas

    • Saleh menggambar kengeriannya soal ledakan arus mudik, tahun ini.

    Tinggalkan pesan