Unila Buat Gerbang Disinfektan Otomatis

BANDARLAMPUNG – Universitas Lampung sebagai institusi pendidikan turut berperan aktif dalam memerangi Covid19 yang sedang mewabah dan telah menjadi pandemik di seluruh dunia.

Melalui Satgas Percepatan Pencegahan Covid19 Unila, Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro mengembangkan Gerbang Disinfektan Otomatis.

Alat disinfektan ini ditempatkan di pintu masuk Gedung Rektorat Unila sebagai pusat kegiatan kampus.

Gerbang Disinfektan Otomatis beroperasi dengan listrik, memakai sensor inframerah dan 2 lampu LED ultraviolet (UV).

Baca Juga:  Universitas Lampung Seleksi Calon Dosen Non PNS

“Beberapa artikel mengatakan sinar UV juga bisa membunuh virus. Mudah-mudahan efektif walaupun harus kita uji lebih lanjut,” kata Mona Arif Muda ST MT selaku Dosen FT jurusan Teknik Elektro bidang Sistem Komputer dan Informasi, Selasa (1/4).

Mona menjelaskan setiap orang yang akan masuk ke Gedung Rektorat harus melewati gerbang ini, satu persatu.

“Kalau lampunya hijau boleh masuk, nanti berhenti di tengah. Sensor di tengah akan mengaktifkan cairan disinfektan untuk disemprotkan,” ujarnya.

Baca Juga:  KPU Ajak Mahasiswa Awasi Pilkada

Fakultas Teknik membuat Gerbang Disinfektan Otomatis dalam waktu satu minggu, untuk menjaga kesehatan civitas Unila yang tetap bekerja.

“Sesuai dengan anjuran Presiden RI, Unila menerapkan pembelajaran jarak jauh, tapi layanan kampus tetap dilaksanakan,” ujar Mona.

Seluruh fakultas yang tergabung dalam Satgas Percepatan Pencegahan Covid19 turut memberikan sumbangsih dalam upaya melawan virus corona.

Baca Juga:  Bachtiar Basri: Sampaikan Pesan Pembangunan kepada Masyarakat

Fakultas MIPA Jurusan Kimia dan Fakultas Kedokteran diharapkan dapat memberikan jenis cairan disinfektan yang tepat untuk digunakan.

Gerbang Disinfektan Otomatis ini merupakan swakelola Unila dengan memanfaatkan dana penelitian dan diharapkan dapat beroperasi mulai besok.

“Kita tidak tinggal diam dan berusaha dengan swasembada, untuk di Lampung kita yang pertama, tapi kalau di Jawa sudah banyak,” tutupnya. (JOSUA)

Gerbang Disinfektan Universitas Lampung

Posting Terkait