UPT KPH Tangkit Tebak Dishut Lampung Cegah Karhutla di Register 34

Istimewa

KOTABUMI – Unit Pelaksana Teknis (UPT) KPH Tangkit Tebak Dinas Kehutanan (Dishut), Provinsi Lampung melakukan pengawasan hutan kawasan, dan mencegah Ilegal Logging yang melibatkan Kepala Unit (Kanit) Polisi Kehutanan (Polhut) Tangkit Tebak, Andika beserta rombongan,  Kapolsek Bukit Kemuning, Anggota TNI, serta masyarakat setempat, Rabu (9/10).

Kasubag TU KPH Tangkit Tebak Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Achmad Tamzil mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Provinsi Lampung, khususnya yang berada di register 34 Desa Dwikora, Kecamatan Bukit Kemuning Lampung Utara.

Baca Juga:  Personil Gabungan Paamkan Api di Perkebunan BSMI

“Selain itu memberi penyuluhan pada masyarakat sekitar kawasan pentingnya menjaga dan melestarikan kawasan hutan di wilayah tersebut, ” kata Tamzil.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat yang juga anggota DPRD Lampung Barat (Lambar) dapil Suoh, Sugeng menjelaskan, kebakaran lahan kerap terjadi di padang ilalang kawasan wisata Panas Bumi Danau Asam, Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lambar, disebabkan kawasan tersebut memang tanahnya mengandung api sehingga dalam setiap tahun selalu terjadi kebakaran.

Baca Juga:  Dandim 0429 Pimpin Patroli Gabungan Cegah Karhutla

Ditambahkan Sugeng, kebakaran itu bukan karena puntung rokok, atau disengaja oleh oknum manusia, kalau pengalaman saya selama di suoh memang sumber api dari panas bumi yang mengakibatkan savana itu terbakar.

Terpisah Kepala Bidang (Kabid) TNBBS, Amri mengatakan hal yang sama bahwa dirinya mengaku jika penyebab kebakaran tersebut kemungkinan besar karena faktor alam bukan ulah manusia, apalagi disengaja oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (*)

Karhutla Register 34 UPT KPH Tangkit Tebak Dishut Lampung

Posting Terkait