Ustaz Somad Memang Penuh Pesona

Ustaz Abdul Somad.

Ustaz Abdul Somad.

Ustaz jebolan S2 Daar al-Hadits Kerajaan Maroko ini memang sedang naik daun. Video ceramahnya banyak tersebar di youtube, timeline facebook dan instagram. Yang melihatnya juga selalu diangka ribuan hingga puluhan jutaan orang. Laman komentar juga selalu dipenuhi pujian dan doa. Tapi menariknya, mayoritas video yang ada bukan unggahannya sendiri melainkan akun-akun penggemarnya.

Lalu apa sebenarnya yang membuat UAS begitu cepat dikenal dan digemari banyak orang? Dia kan bukan artis yang nyambi jadi ustaz. Bukan juga keturunan orang terkenal atau karena jabatan tinggi. Ini semua tak lain karena UAS adalah cerminan pendakwah masa kini yang dibutuhkan umat.

Dari sisi keilmuan, UAS sangat kaya pengetahuan tentang seluk beluk agam Islam khususnya menyangkut tafsir hadist dan ilmu fikih. Ia adalah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Mesir untuk orang Indonesia belajar di Universitas Al-Azhar. S2 nya juga beasiswa dari Institut Dar Al-Hadits Al-Hassania Maroko.

Baca Juga:  Bareskrim Selidiki Dugaan Persekusi Terhadap Ustaz Abdul Somad

Selain ceramah, UAS juga sudah menerbitkan buku—yang terkenal dan best seller adalah 37 Masalah Populer dan 99 Pertanyaan Seputar Sholat. Ia juga seorang pengajar/dosen di Kampus UIN Suska Riau.

Keluasan ilmu itu lalu dipadu dengan kemampuan UAS dalam berkomunikasi berteknik tinggi. Dia mampu menyampaikan pesan yang dengan mudah dipahami banyak orang tanpa melihat latar belakang sekalipun. Kajian ringan sampai yang mengangkat tema berat dikemas dengan bahasa sederhana, cair dan lugas. Semakin menarik karena dibumbui candaan yang segar dan bernas.

Hari gini, siapa sih yang tahan mendengar ceramah yang kaku atau serius, sampai berjam-jam pula? Cobalah tengok di saat guru atau dosen mengajar di kelas, kalau terlalu serius mana ada yang betah. Boro-boro pesan ilmunya mau sampai, mood belajar sudah hilang duluan.

Baca Juga:  MUI Prihatin Ustaz Abdul Somad Dideportasi

Alasan lain yang bikin kita terkesan adalah soal tema ceramah yang selalu update, baik yang bawaan sendiri maupun ulasan dari pertanyaan jamaah. Ada juga dari ceramah yang panjang lalu dipotong per bagian sehingga menjadi tematik. Kita yang sedang galau soal masalah agama, tinggal ketikan saja tema masalah yang dicari, langsung ada jawabannya.

Contoh, sekarang sedang marak kajian yang membahas praktik ibadah di Indonesia yang banyak disisipi unsur budaya. Masalah ini dinilai kelompok tertentu sebagai sesuatu yang bidah/sesat karena tidak ada dalil dan contohnya. UAS dalam konteks ini hadir dengan membawa jawaban ilmiah dan pengetahuan yang mencerahkan sehingga membentengi kita dari sifat merasa paling benar sendiri dan saling menyalahkan kelompok lain.

Baca Juga:  Akun Instagram Ustaz Somad Sudah Kembali Aktif

Terakhir, pemanfaatan media sosial semacam youtube, facebook sampai blog menjadi bukti bahwa UAS pintar membaca “pasar”. Ketimbang ceramah langsung, tampil di youtube justru lebih banyak ditonton bahkan sampai ke luar negeri. Dari sini pulalah orang-orang dari penjuru negeri dan luar negeri mengenal dan mengundangnya.

Sebagai ustaz zaman now, tak salah kalau UAS menjuluki dirinya sebagai Ustaz Sejuta Viewers karena memang penikmat videonya begitu tinggi. Gelar ini sebenarnya, wujud rendah hati dan pengalihan saja, karena UAS tak mau digelari sama dengan ustaz sejuta umat milik alm. KH.Zainudin MZ. Barakallah ustaz…(sp)

1,020 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Ustaz Abdul Somad

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    • Oleh Supendi Kalau ditanya apa yang paling identik dengan

    • Oleh Riko Firmansyah SELAYAKNYA pemerintah membuka matanya bahwa mayoritas

    • Saleh menggambar kengeriannya soal ledakan arus mudik, tahun ini.

    Tinggalkan pesan