Wabup Way Kanan Bantu Evakuasi Wanita Hamil Korban Banjir

Banjir Way Kanan. Foto: Ist

WAY KANAN – WAKIL Bupati Way Kanan, Edward Antony, membantu evakuasi warga korban banjir yang akan melahirkan di Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Selasa (26/2/18).

“Saya bersama Sekretaris Kesehatan Heri Novianto bersama – sama membantu warga yang akan melahirkan untuk dievakuasi dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan pertolongan pertama pada kelahiran,” ujar Edward Antony, Wakil Bupati Way Kanan, Lampung.

Baca Juga:  Banjir Rendam 380 H Sawah di Way Kanan

Edward menjelaskan, hujan yang mengguyur sejak Senin (26/2/2018) malam mengakibatkan banjir di sejumlah Kampung se–Kecamatan di Kabupaten Way Kanan.

Ia menambahkan, ibu hamil yang akan melahirkan langsung dibawa menggunakan perahu karet dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan persalinan.

Dengan kesiapsiagaan para bidan desa, perawat, dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, nyawa ibu hamil tersebut dapat diselamatkan.

Baca Juga:  Adipati Minta BPBD Pantau Banjir

“Alhamdulilah kita barusan menyelamatkan dua nyawa, anak dan ibu. Semoga bayi dan ibu nya selalu diberikan kesehatan,” Kata Edward.

Bersama dengan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan Heri Novianto, TRC BPBD, Bidan Desa membawa Teresia untuk dievakuasi secepatnya ke rumah sakit, bila tidak mendapatkan pertolongan maka bayi dan ibunya tidak mungkin terselamatkan.

Baca Juga:  Banjir Way Kanan Rendam 30 Kampung dan 1500 KK

Terpisah Bidan Desa setempat Yeni mengatakan, warga yang mau melahirkan itu bernama Terisia Mahaleni (28) warga Dusun IX Kampung Karang Umpu.

“Dia ada riwayat penyakit yang tidak bisa saya sebutkan yang mengharuskan dia untuk melahirkan di rumah sakit, supaya bisa ditangani langsung oleh dokternya,” kata Bidan Yeni. (

1,304 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Banjir Way Kanan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan