Wapres JK: Asian Games 2018 Merupakan Investasi untuk Bangsa

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutaan saat melepas parade Asian Games 2018 di Monas, Jakarta, Minggu (13/5). Parade Asian Games ini diikuti oleh 4.800 peserta dari berbagai kelompok masyarakat dan institusi. (Foto: Istimewa)

Jakarta-Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 akan memiliki dampak panjang bagi bangsa, khususnya untuk investasi dalam berbagai hal ke depan. Hal ini dikatakan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK).

Baca Juga:  10 Ribu Aparat Gabungan Amankan Asian Para Games 2018

JK  mengatakan, tiap penyelenggaraan besar seperti Asian Games punya efek untuk ongkos dan pendapatan yang kelak akan diterima tuan rumah. Hal itu dinilainya menjadi sebuah nilai investasi tersendiri bagi Indonesia ke depan.

“Tidak jarang pendapatan lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan.  Biaya yang dikeluarkan pun investasi, seperti bangun jalan, venue, dan lain-lain. Itu sudah kita laksanakan dengan baik,” ujar dia di Hotel Century Park, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Baca Juga:  Wapres JK Buka Parade 100 Hari Menuju Asian Games 2018

JK menambahkan, Asian Games merupakan kegiatan olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade. Itu jadi kesempatan besar untuk mempromosikan negara, lantaran acara ini nantinya diprediksi bisa menarik atensi lebih dari 4 miliar penonton.

“Ini kesempatan besar. Makanya banyak yang ingin mensponsori,” ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengingatkan, inti dalam menyukseskan Asian Games 2018 salah satunya adalah kesiapan infrastruktur. Dia pun mengapresiasi semua venue baik yang ada di Jakarta maupun Palembang ditargetkan selesai sesuai jadwal. “Juni bulan depan Insya Allah semua sudah baik,” kata dia.

Baca Juga:  Pemerintah Siapkan Bonus Besar Bagi Peraih Medali Asian Games 2018

Sementara itu, Jusuf Kalla menyatakan, persiapan saat ini terhitung lebih mudah dibanding pada saat Asian Games 1962 lalu. Dia mengatakan, negara kini hanya perlu beradaptasi dengan modernisasi dan teknologi, agar buah hasil pembangunan berbagai infrastruktur bisa terus bermanfaat bagi masyarakat ke depannya.

“Biaya investasi dalam bidang venue lebih besar dari biaya penyelenggaraan. Tapi ini investasi , buat ke depannya,” pungkas JK, seperti yang dilansir dari liputan6.com. (net/hp)

Asian Games 2018

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan