Warga Bangun Pos Kamling

Pos Kamling

PANARAGAN,-Pembangunan Pos Kamling yang menggunakan dana swadaya masyarakat yang telah dilakukan warga RT-05, Lingkungan I, Kelurahan Dayamurni, Kecamatan Tumijajar, Tulangbawang Barat.

“Ini merupakan bentuk antisipasi pencegahan tindak kejahanan yang secara tidak langsung mengingatkan kembali kesadaran warga akan pentingnya keamanan lingkungan,” kata Ketua Lingkungan I, Kelurahan Dayamurni Susanto, Senin (16/10).

Pria berkumis ini mengatakan bahwa pembangunan atau rehab Poskamling merupakan upaya salah satu upaya mendidik masyarakat  untuk melaksanakan pengamanan secara swakarsa sehingga tercipta keamanan dan ketertiban lingkungan khususnya di sekitar kelurahan Daya Murni.

“Disadari atau tidak akibat rutinitas bekerja budaya ronda sudah jarang dilaksanakan saat-saat ini. Diharapkan dengan dibangunnya Poskamling ini dapat mengaktifkan kembali budaya ronda demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat serta lingkungan” ujarnya.

Pria yang akrab disapa mas Sam ini menambahkan, kegiatan ini merupakan bagian dari program ketua lingkungan I yang bertujuan meningkatkan keamanan dan ketertiban.

Selain itu menurutnya, keberadaan Pos Kamling akan mendidik masyarakat melaksanakan pengamanan secara swakarsa.

“Dengan adanya pos kamling ini, kedekatan antar masyarakat dapat terjaga. Sebab tiap malam akan bertemu untuk menjaga keamanan kampungnya. Maka demi kenyamanan warga yang ronda pada malam hari para warga patungan dengan memberikan dana secara swadaya untuk membangun pos kamling ini” pungkasnya.(GS)

1,984 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Pos Kamling

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan