Warga Diminta Jaga Lampu Jalan & Rambu Lalu Lintas Bantuan Kemenhub

Ilustrasi Lampu jalan. (ist)

TANGGAMUS – Kementerian Perhubungan Republik Indonesia berikan bantuan 47 lampu penerangan jalan dan rambu lalulintas, kepada dinas perhubungan Tanggamus.

Sekretaris Dishub Suroyo, mewakili Kadishub Razi Azanisyah mengatakan, bantuan itu berkat usulan selama ini.

“Bantuan yang diberikan berupa perangkat lampu jalan model tenaga surya, jadi tidak gunakan listrik lagi,” terangnya, melalui via telepon, Minggu (16/9).

Lebih lanjut Suroyo mengatakan, sekarang semua lampu sudah terpasang dan beroperasi di jalinbar ruas Kecamatan Pugung, tepatnya mulai ruas Pekon Rantau Tijang sampai Pekon Tiuh Memon. Lampu didirikan di sebalah kiri jalan jika dari Rantau Tijang ke arah Talang Padang.

Baca Juga:  Kemhub dan AP II Tingkatkan Pelayanan Penerbangan Bandara Radin Inten II

“Lampu itu didirikan menyelingi lampu jalan yang sisi kanan yang sudah ada sebelumnya. Jadi sebenarnya standar lampu jalan memang harus ada di sisi kanan kiri jalan, bukan satu sisi saja,” ujar Suroyo.

Suroyo meminta masyarakat agar menjaga kondisi lampu jalan yang baru didirikan. Sebab selama ini lampu jalan rentan dirusak oknum jahil. Padahal lampu jalan sangat penting untuk keselamatan bersama, baik pengguna jalan dan warga yang tinggalnya di sisi jalan.

Baca Juga:  Gedung Kemenhub Kebakaran, 3 Orang Tewas

“Lampu jalan itu untuk keselamatan bersama, lalu untuk penerangan jalan, cegah kriminal, keindahan, mohon dijaga, jangan dirusak. Terlebih ini tenaga surya yang tidak lagi butuhkan listrik, maka saat listrik padam tetap menyala,” ungkapnya.

Selain lampu jalan, Suroyo pun meminta masyarakat menjaga juga rambu-rambu lalulintas yang sudah dipasang di ruas itu. Prasarana jalan itu juga sangat penting sebagai petunjuk, peringatan bagi pengguna jalan terhadap jalan yang akan dilalui.

Ia mengakui kondisi jalan di Tanggamus memang masih banyak kekurangan dari segi lampu jalan. Namun sayangnya ketika sudah ada pun dirusak. Ini memperparah kondisi, padahal pemkab dan pusat sudah berusaha mengatasi masalah penerangan jalan,ini terangnya.

Baca Juga:  Kemenhub Berangkatkan 10 Ribu Peserta Mudik Gratis

Sementara ini, untuk jumlah rambu-rambu lalulintas, sudah terpasang lebih dari 20 unit, bersamaan dengan lampu jalan. Rambu itu terdiri berbagai tanda, mulai dari tanda penunjuk arah, tanda peringatan, dan tanda topografi jalan.

“Setiap jalan raya memang harus ada rambu, terlebih untuk jalan lintas antar Kabupaten. Kami minta juga rambu jangan dirusak demi keselamatan bersama,” himbau Suroyo. (SB/CD)

Kemenhub lampu jalan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan