Warga Dua Lingkungan di Menggala Kota Dihantui Banjir

Banjir yang melanda lingkungan Bugis Kota Menggala beberapa waktua lalu | Foto: Murni/Fajar Sumatera

MENGGALA – Warga di lingkungan Bugis dan Palembang, Kelurahan Menggala Kota, Kecamatan Menggala, Tulangbawang gusar sekaligus siaga banjir.

Pasalnya, sejak Kamis (20/2) sore hingga malam, air perlahan mulai naik dan mengenanggi  pemukiman hingga sebatas mata kaki. Walaupun rata-rata rumah penduduk di lingkungan itu panggung namun warga tetap siaga.

Aji warga Buluran, lingkungan Palembang memprediksi air akan terus merangkak naik kendati pada malam tidak turun hujan.

Baca Juga:  Banjir Landa Pekon Wates dan Tambahrejo Barat

“Saya yakin malam ini air akan terus naik karena informasi dari kerabat di Lampung Utara, setiap hari disana (Lampung Utara) turun hujan. Walaupun di Menggala diguyur hujan intensitas sedang tidak akan berpengaruh karena banjir ini kiriman dari Lampung Utara dan sekitarnya,” ungkap Aji.

Sementara Ketua RT 01 RW 01 Lingkungan Bugis Abdullah mengimbau agar warganya tetap waspada jika sewaktu-waktu air bertambah naik.

Itu dibuktikan hingga pukul 20.30 WIB air telah mengenanggi halaman rumah warga.

“Jadi masyarakat wajib siaga, mengingat naiknya air tidak bisa kita prediksi. Artinya kita harus siap, kalau mau naik hingga rumah sepertinya masih lama, tapi sementara utamanya barang atau peralatan yang berada di kolong rumah cepat diselamatkan karena jika air terus naik maka barang-barang akan hanyut,” ingatnya.

Baca Juga:  DLH Pasang LPJU Semua Kampung

Diketahui, banjir khususnya di lingkungan Palembang dan Bugis merupakan banjir tahunan.

Banjir di beberapa daerah di Tulangbawang akibat kiriman dari hulu sungai dari aliran Way Kiri Tulangbawang Barat,  Way Rarem Lampung Utara dan Way Kanan. Jika ketiga kabupaten tersebut diguyur hujan maka sudah pasti air dari hulu akan terbuang masuk mengalir ke wilayah Tulangbawang. Jika debit air tidak lagi tertampung oleh sungai Tulangbawang maka air akan mengenangi pemukiman penduduk yang berada didataran rendah.

Baca Juga:  Warga Lampung Terdampak Banjir Jakarta

Pantauan sementara sungai Tulangbawang mulai meluap. Air bercampur lumpur dan sampah deras mengalir bahkan mulai memenuhi rawa Cakat Raya, Bujung Tenuk, Rawa Bawang Latak dan  Rawa Bawang Pemokow.

Meski banjir hampir terjadi setiap tahun tapi sampai saat ini pemerintah kabupaten setepat tidak menemukan solusi mengatasi banjir musiman ini.(MR)

Banjir Menggala Tulangbawang

Posting Terkait