Warga Labrak Kades Sukajaya

GEDONGTATAAN – Badan Pemerintah Desa (BPD) dan masyarakat Desa Sukajaya, Kecamatan Waykhilau, Pesawaran, menuding kepala desanya (Elpizar)  tak melibatkan mereka dalam nerealisasikan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) 2017. Tapi, hal itu dibantah yang bersangkutan.

Puluhan perwakilan masyarakat dari unsur petani, tokoh adat, tokoh agama,  pemuda secara bergantian mencecar kepala desa (Kades) dengan pertanyaan seputar DD dan ADD.

Menurut, Sekretaris BPD Desa Sukajaya Ismail mengaku bahwa semenjak Elpizar menjabat kades, banyak masyarakat yang mengeluhkan kinerjanya.  Dan, yang lebih parahnya lagi Elpizar juga tidak melibatkan BPD dalam setiap pembangunan di desa tersebut.

Baca Juga:  Tiap Desa Dialokasikan Kendaraan kebersihan

“Kita ini menampung aspirasi masyarakat karena sebagian besar masyarakat tidak puas dengan kinerja kades hampir satu tahun ini, oleh karena itu ketua BPD mengambil kebijakan mempertemukan warga melalui perwakilannya dengan kepala desa,” ujarnya.

“Kalau saya kemukakan di sini sebetulnya membuka kejelekan kepala desa, tapi faktanya memang demikian, selama ini BPD ini oleh kepala desa tidak di fungsikan sama sekali, hanya kalau intensif memang di sampaikan, cuma yang sifatnya musyawarah gak pernah di ajak, semua sudah di rumuskan sendiri oleh kepala desa dengan perangkatnya,” tambahnya.

Baca Juga:  RAPBDes Beres, Pesawaran Segera Terima Dana Desa

Selain tidak mengetahui penggunaan DD, Ismail juga mengaku bahwa selama ini belum pernah diadakan musyawarah dusun (Musdus).

“Sebagian besar sudah ditemukan oleh kades dan sudah dijelaskan, tetapi nampaknya masyarakat merasa tidak puas dengan jawaban kades, masyarakat berencana akan kembali meminta penjelasan dari kades di beberapa hari kedepan,” ungkapnya.

Sementara Kades Sukajaya Elpizar membantah tidak melibatkan BPD dalam pengelolaan DD/ADD di desanya.

Baca Juga:  Kabupaten Pesawaran Termasuk Salah Satu Kota Pusaka

“Tidak difungsikan bagaimana? Orang mereka yang mengawasi. Dan kalau tidak difungsikan, kenapa tiap hari menjaga itu?” Ungkap Elpizar. (MH/PS)

 

 

dana Desa Kades Kecamatan labrak Pesawaran sukayaja Warga waykhilau

Posting Terkait