Warga Lebih Pilih Bright Gas

Ilustrasi. (Ist)

BANDARLAMPUNG— PT Pertamina area Sumatera Bagian Selatan menggelar operasi pasar elpiji tabung tiga kilogram di Kecamatan Labuhan Ratu dan Sukarame, Bandarlampung. Namun alih-alih memasarkan produk bersubsidi tersebut, masyarakat justru lebih memilih tabung elpiji nonsubsidi bright gas ukuran 5,5 kg.

Menurut Area Manager Communication and Relations PT Pertamina Sumatera Bagian Selatan, M. Roby Hervindo, kurang diminatinya tabung elpiji 3 kg bisa disebabkan karena masyarakat memang sudah memiliki tabung tersebut.

“Dari 1.120 tabung elpiji 3 kilogram yang disediakan, masyarakat hanya membeli sekitar 450 tabung. Kami menyimpulkan bahwa kebutuhan elpiji 3 kg di masyarakat terpenuhi dengan baik,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Selasa (24/10).

Baca Juga:  Beli Bright Gas Dapat Gratis 2 Liter Pertalite

Roby menjelaskan, Pertamina menjamin ketersediaan elpiji tiga kg di sekitar 510 pangkalan di Bandarlampung yang dijual sesuai HET yakni Rp16.500 per tabung. Harga ini jauh lebih murah dari yang dijual pengecer dikisaran Rp20 ribu hingga Rp22 ribu per tabung.

“Harga elpiji tiga kg yang dijual pengecer, yang bukan merupakan distributor resmi elpiji, sebesar Rp20.000 per tabung, ditengarai hanya permainan pengecer belaka,” ujarnya.

Ia menjelaskan, melihat data penyaluran elpiji tiga kg ke pangkalan, tidak ada pengurangan pasokan. Rata-rata penyaluran harian elpiji tiga kg di Kota Bandarlampung adalah 32.654 tabung per hari yang didistribusikan oleh 23 agen.

Baca Juga:  Beli Bright Gas Dapat Gratis 2 Liter Pertalite

“Pertamina mengimbau masyarakat agar tidak mudah terhasut oleh berita kelangkaan, yang malah akan memicu pembelian elpiji tiga kg melebihi kebutuhan normal. Masyarakat agar membeli elpiji di pangkalan Pertamina dengan harga sesuai HET,” tambahnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM memastikan stok elpiji bersubsidi jenis tabung tiga kg di Kota Bandarlampung, Lampung, dalam kondisi aman.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam keterangannya di Jakarta, Senin (23/10) mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan PT Pertamina (Persero) untuk memastikan stok elpiji tiga kg dalam kondisi aman di Bandarlampung.

Baca Juga:  Beli Bright Gas Dapat Gratis 2 Liter Pertalite

Menurut dia, berdasarkan uji petik oleh Pertamina di delapan pangkalan elpiji tiga kg di Bandarlampung, stok berkisar antara 10 hingga 80 tabung isi.

“Ada 510 pangkalan di Bandarlampung dan PT Pertamina sudah melakukan uji petik di delapan pangkalan. Berdasarkan uji petik tersebut, stok elpiji tiga kg di Labuhanratu Raya mencapai 10-80 tabung isi. Stok aman,” ujarnya.(*)

 

Bright Gas

Posting Terkait