Warga Malaysia Jatuh Hati Dengan Kopi Lampung

Warga Malaysia, penikmat Kopi Robusta Lampung, Amir (baju kotak-kotak) bersama Moh. Jobdh (baju merah).

BANDARLAMPUNG – Citarasa kopi robusta asal Lampung, rupanya memikat hati dua warga asal Malaysia. Selain keduanya yang sama-sama berlatar belakang sebagai pengusaha, mereka beralasan kopi Lampung justru lebih banyak peminatnya daripada kopi asal negara serumpun asalnya.

Warga Penang, Malaysia, Amir Osman, ketika ditemui Fajar Sumatera, mengungkapkan, bahwa robusta Lampung memiliki cita rasa yang lezat, khas, dan unik. Mereka juga terkesan dengan cita rasa kopi luwak robusta asal Cukuh Balak Kabupaten Tanggamus dan Liwa, Lampung Barat, yang tidak dimiliki oleh kopi sejenis dari beberapa daerah di Tanah Air.

Baca Juga:  Pecinta Kopi Lampung Peringati Hari Kopi Internasional

“Di Negara saya, hanya tahu dua jenis saja, kopi instan dan kopi tubruk. Jika dibandingkan dengan robusta asal Lampung, jauh sekali perbedaan rasanya,” kata Amir, Kamis (3/8).

Selain itu, sambung Amir, cita rasa kopi robusta asal Lampung juga berbeda dengan daerah lain, seperti yang berasal Jawa Barat dan Jawa Tengah. “Robusta Lampung ada sedikit rasa pahit, saya tidak bisa mengatakan apa itu, semacam ada yang berbeda di lidah saya,” ungkap Amir.

Karena kecintaannya yang cukup tinggi untuk kopi Lampung, Amir mengaku, akan coba memulai belajar bagaimana merawat kopi hingga panen. “Saya mau kopi Lampung nanti lebih banyak terjual untuk warga Malaysia. Kopi asal daerah ini banyak sekali peminatnya, artinya bukan hanya saya yang suka robusta bisa dikatakan hampir semua warga kami juga ikut jatuh hati,” katanya.

Baca Juga:  Gubernur Ridho Ajak Penikmat Kopi Rayakan Hari Kopi Internasional

Dirinya pun sempat menyayangkan karena kopi robusta belum bisa diolah di negara asalnya. Pasalnya, Malaysia tidak mempunyai lahan seluas Indonesia, khususnya Provinsi Lampung. “Mungkin besar negara kami dengan pulau Sumatera hanya sepersekian persen. Jadi sementara ini dan kedepan untuk jenis robusta atau luwak saya ambil langsung dari sini (Lampung),” ujarnya.

Baca Juga:  Klaster Kopi Manjakan Petani

Untuk diketahui, Lampung merupakan daerah penghasil kopi eobusta yang diperhitungkan di tanah air, dan andalan ekspor kopi robusta, kini serius dan komit menghadirkan grade kopi Robusta di atas premium, fine Robusta.

Gairah meningkatkan kualitas cita rasa kopi Robusta di Lampung pun sudah mulai sejak dua tahun lalu. Berawal dari kegiatan kontes kopi yang rajin diikuti pegiat kopi Lampung hingga menciptakan kebutuhan pasar. Meski volumenya tidak banyak, tetapi cukup memberikan gairah bagi pebisnis kopi khususnya di industri hilir (kafe, kedai kopi, roastery) untuk komit memproduksi fine robusta.(ZN)

Kopi lampung Kopi Robusta

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan