Waykanan Fokus Kesejahteraan Petani Kopi

Foto: Ist

WAYKANAN-Sekda Waykanan, Saipul, mewakili Bupati Raden Adipati Surya membuka langsung pelatihan peningkatan kualitas pasca panen Kopi Robusta, yang di selenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Way Kanan Lampung, bertempat di SMU Muhamadiah Banjit kampung Rantau Temiang Kecamatan Banjit Daerah setempat, Rabu (19/6)

Peserta pelatihan yang di maksut di ikuti oleh 25 peserta terdiri dari Petani Kopi, Pelaku Usaha dan Calon Pelaku Usaha IKM Olahan Kopi Way Kanan, dan pelatihan di laksanakan dua hari 19 Juni sampai dengan 20 Juni 2019hal tersebut di sampaikan oleh Kepala Dinas Perindutrian dan Perdangan Way Kanan Imanto. Pada laporan kegiatan Pelatihan Kopi Robusta di Kecamatan Banjit.

Baca Juga:  SDM Handal dan Hilirisasi Infrastruktur Pertanian, Kunci Sukses Petani

Imanto juga menambahkan, pelatihan kali ini juga di maksud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Petani Kopi, pelaku usaha dan calon pelaku usaha IKM Kopi, agar bisa menghasilkan biji Kopi (Green Bean) yang berkualitas mutu seperti yang di persyaratkan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga bisa menambah nilai tambah dari produk Green Bean Kopi Robusta Way Kanan dan tujuan akhirnya guna untuk peningkatan kesejahteraan Petani Kopi serta pelaku usaha IKM olahan Kopi di Way Kanan.

Baca Juga:  Balitbangda Tangkap Peluang Riset Pengembangan Kopi Robusta Berkelanjutan

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kabupaten Way Kanan Saipul, menjelaskan bahwasannya saat ini pemerintah sangat fokus untuk mensejahterakan petani kopi di wilayah Kabupaten Way Kanan. Salah satunya dengan memberikan kegiatan pada hari ini adalah melatih para petani kopi untuk meningkatkan kualitas pasca panen kopi Fine Robusta. Beberapa produk kopi hasil Way Kanan yang telah dihasilkan oleh masyarakat. Salah satunya adalah Kopi Kolang, Kopi Gunung, Kopi Heler, Kopi KWT Sebaya dan kopi lainnya. (MS/DN)

Baca Juga:  Klaster Kopi Manjakan Petani

kopi Petani Robusta Sekda Waykanan

Posting Terkait