Waykanan Luncurkan Pupuk Subsidi Online

Pemerintah Kabupaten Way Kanan lauching pupuk bersubsidi secara online.

BLAMBANGANUMPU—Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Waykanan melakukan peluncuran pupuk bersubsidi secara online (billing system) di Gedung Serba Guna (GSG) Waykanan, Senin (13/11). Wilayah yang menjadi lokasi percontohan adalah Kecamatan Bahuga yang terdiri dari 11 kampung dan memiliki 97 kelompok tani.
Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya menuturkan, salah satu sarana produksi yang sangat mendukung pertanian adalah pupuk. Namun selama ini pendistribusian pupuk bersubsidi kerap menemui masalah di lapangan yang merugikan petani. Adanya permainan mafia pupuk selain menyebabkan kelangkaan juga melonjakkan harga jual pupuk.
“Metode billing system ini petani tidak akan mungkin tidak mendapatkan pupuk bersubsidi. Hal ini karena masing-masing kelompok sudah memiliki kuota sesuai dengan RDKK yang telah disusun,” ujarnya.
Billing system diharapkan dapat menjaga kestabilan Harga Eceran Tertinggi (HET) dan memberikan kemudahan bagi perusahaan pupuk untuk berkoordinasi dengan pemerintah, sehingga dapat memberikan dampak positif terutama dalam hal pemenuhan pencapaian 6 (enam) tujuan tepat yakni tepat waktu, jumlah, jenis, mutu, tempat dan tepat harga.
Menurut Adipati, Waykanan memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan sektor pertanian. Apalagi mayoritas penduduk memang berprofesi sebagai petani.
Dengan potensi ini, Pemerintah Kabupaten Waykanan dengan dukungan Pemerintah Provinsi Lampung maupun Pemerintah Pusat terus memberikan prioritas dan fokus pada pengembangan sejumlah komoditas, khususnya tanaman pangan yang sangat prospektif untuk dikembangkan.
“Tanaman yang sangat menonjol adalah palawija seperti padi, jagung, kedelai serta jenis-jenis tanaman hortikultura seperti cabai maupun tanaman buah. Ini sangat memungkinkan untuk terus dikembangkan dari baik dari segi kuantitas maupun kualitas produksi,” ujarnya, Senin (13/11).
Secara keseluruhan sektor pertanian tidak luput dari pemanfaatan sarana produksi yang tepat untuk dapat meningkatkan produksi dan produktivitas baik tanaman pangan, hortikultura maupun di bidang peternakan.(*)

Baca Juga:  2 Koruptor Bansos Dituntut 7,6 Tahun

214 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

billing system Pupuk Online Waykanan

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan