Winarti Beri Bantuan Nelayan Sungaiburung

Bupati Winarti bersama pejabat pemkab Tuba melakukan Uji Coba Kapal Nelayan 3GT diperairan Sungaiburung,Usai penyerahan Bantuan kepada Para Nelayan. Foto: Murni | Fajar Sumatera

MENGGALA Bupati Tulangbawang (Tuba) Winarti memberikan bantuan alat tangkap ikan dan rajungan lengkap berupa kapal nelayan 3GT sebanyak 6 unit kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kampung Sungaiburung, Kecamatan Denteteladas, Rabu (04/19).

Winarti mengatakan, tujuan dari diberikannya bantuan itu untuk mendongkrak hasil budidaya ikan atau nelayan rajungan di KampungĀ  Sungaiburung.

Juga untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui hasil dari para nelayan di kampung setempat.

“Karena mayoritas seluruh masyarakat di Tulangbawang khususnya Kampung Sungaiburung ini hidup dan berkerja sebagai nelayan ikan bahkan penghasilan setiap hari itu melalui hasil tangkap laut,” kata Winarti.

Dia menjelaskan, Tulangbawang selain luas akan sungai maupun laut juga ditambah lagi dengan berbagai macam macam jenis ikan baik darat ataupun laut.

Baca Juga:  Winarti Nyoblos di Astra Ksetra, Hendriwansyah di Bujungtenuk

Bahkan, lanjut Winarti, jenis ikan ataupun makanan bergizi dan sumber protein juga banyak di kelola di Tulangbawang khususnya di Kampung Sungaiburung setempat yang saat ini sudah di jual dan ekspor sampai keluar daerah.

“Dan itu semua hasil dari sini karena kampung Sungaiburung ini merupakan salah satu pusat tempat hasil budidaya berbagai jenis ikan ataupun kerang termasuk udang dan rajungan semua tumpah di Kampung ini begitu juga dengan sistem pengelolaan nya ada di sini,” terangnya.

Sejak berdirinya Kabupaten Tulangbawang, Kampung Sungaiburung sudah menjadi pusat sentral produksi berbagai jenis ikan ataupun jenis kerang udang dan lain lain yang di hasilkan dari dalam air.

“Bahkan produksi pertenakanya atau sistem kelola sudah terbukti sampai keluar daerah jadi wajar saja bila fasilitas nelayan harus kita penuhi bahkan Kampung ini kita prioritaskan berbagai program perikanan untuk ditempatkan di sini karena sesuai dengan tempatnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Win-Hen Syukuran Rumah Dinas

Winarti mengimbau kepada semua para nelayan khususnya yang tergabung dalam KUB nelayan Tulangbawang agar supaya dapat memanfaatkan alat alat bantuan yang sudah di belikan dari pihak Pemkab setempat.

“Gunakan dengan baik kekola sesuai kebutuhan karena tujuan saya berikan ini untuk memajukan masyarakat nelayan kampung Sungaiburung begitu pula dengan hasil ikan ikan rajungan lainya yang ada di Kampung ini,” ujarnya.

Sementara di tempat bersamaan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tulangbawang Ria Kholdi menambahkan tujuan dari utama dari pemberian bantuan perahu nelayan tersebut untuk mengali berbagai potensi hasil laut seperti Ikan Kerang dan yang tidak kalah penting yakni Rajungan yang saat ini telah ada kesepakatan antara Rajungan melalui Komite Pengolahan Perikanan Rajungan Berkelanjutan (KPPRB) dan KKP yang telah menanda tangani kerjasama dengan pihak Non Govermen Organization (NGO) asal Amerika Untuk Expor serta Pengembangan Rajungan di Kabupaten Tulangbawang kedepan.

Baca Juga:  Winarti Kukuhkan 10 Bunda PAUD Kecamatan

Karena dari data yang ada, jumlah nelayan se Kecamatan Dente Teladas diperkirakan berjumlah 1691 Dengan jumlah KIB 106, khususnya dikampung Sungaiburung terdapat 237 Nelayan.

“Dengan hasil tangkap persemester atau 6 Bulan rata-rata 6.197.916 Ton sedangkan Sungaiburung sendiri hasil tangkap persemester mencapai 2.820.081 Ton yang dipasarkan pulau Sumatera dan Jawa,” jelasnya.

Oleh karena itu, Ria memaparkan, untuk tahun ini pihaknya memberikan bantuan berupa sejumlah 6 unit perahu 3GT dan 2000 pakan ikan untuk segala jenis rajungan dan kerang.

“Dan mudah-mudahan dengan alat tangkap fasilitas ini semua tangkapan dapat lebih bertambah naik karena dalam waktu dekat Dirjen Penguatan Daya Saing Kementrian KKP akan memberikan bantuan bibit kerang sekaligus berupaya mengembangkan serta membantu pemasaranya jika hasil kita naik di akhir tahun 20119 ini,” pungkasnya. (MURNI)

Nelayan Sungaiburung Winarti

Posting Terkait