Winarti Bingung Atasi Banjir di Tulangbawang

Bupati Tulangbawang, Dandim dan sejumlah pejabat pemkab mengunjunggi mamantau langsung perkembangan banjir di wilayah lingkungan Bugis Menggala, Senin (24/02).| Foto: Murni/Fajar Sumatera

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Winarti kebingungan cara mengatasi banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Tulangbawang.

Untuk itu dirinya akan berkoordinasi dengan Balai Besar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terkait perbaikan sejumlah titik gorong-gorong yang berada di jalan lintas Sumatera (Jalinsum).

Menurut Winarti, banjir yang melanda sejumlah kecamatan khususnya Menggala merupakan banjir musiman yang terjadi pada saat datangnya musim hujan.

Baca Juga:  Korban Banjir Tulangbawang Harapkan Bantuan Pemkab

Banjir disebabkan oleh curah hujan yang melanda beberapa kabupaten tepat berada di hulu sungai, seperti Lampung Utara, Way Kanan dan Tulangbawang Barat.

“Walaupun kita di Tulangbawang tidak diguyur hujan tapi banjir tetap akan melanda jika sejumlah kabupaten di hulu sungai turun hujan. apalagi di Lampung Utara ada bendungan Wayrarem. Saat bendungan tidak lagi bisa menampung debit air, maka bendungan akan dibuka sudah pasti air akan mengalir hingga ke Tulangbawang,” papar Winarti saat mengunjunggi warga terdampak banjir di Kampung Bugis Menggala, Senin (24/02).

Baca Juga:  Penduduk Kampung Bugis Menggala Gelar ‘Nghoyok’ Saat Banjir

Namun lanjut Winarti, saat ini banjir yang terjadi masih bisa dikendalikan oleh Pemkab. Meski demikian pemkab tetap siaga dan terus memantau setiap perkembangan dilokasi banjir.

“Terus saya pantau, bahkan sejumlah kebutuhan seperti perahu karet, posko kesehatan, obat-obatan serta tenaga medis dan tenda-tenda pengunsi sudah ready sehingga pelayanan masyarakat tetap dan terus berjalan. Silahkan cek kesehatan diposko-posko secara gratis,”ucapnya.

Winarti menilai selain banjir musiman yang melanda kawasan Bugis, juga diakibatkan oleh adanya penanggalan Sungai tulangbawang dan sejumlah titik gorong-gorong jalinsum.

Baca Juga:  Korban Banjir Tulangbawang Harapkan Bantuan Pemkab

Sehingga air tidak lancar mengalir dan mengendap dibantaran sungai meluap ke pemukiman penduduk.

Oleh Sebab itulah dirinya telah perintahkan Kepala Dinas PUPR agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak balai besar agar diadakan pengerukan sungai dan perbaikan gorong-gorong jalinsum.

“Yang terpenting saat ini saya meminta agar seluruh masyarakat tetap siaga dan waspada karena banjir tidak bisa kita prediksi,seluruh orang tua wajib menjaga putra-putri masing-masing agar tetap aman dan nyaman,yakinlah kami pemkab akan terus berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat setulangbawang,”pungkasnya.(MR)

Banjir Tulangbawang Kampung Bugis Winari

Posting Terkait