Zulhas Setujui Rekomendasi DPW PAN Lampung: Adik Khamami Digadang Jadi Calon Wabup Mesuji

Zulhas Setujui Adik Koruptor Untuk Jadi Wabup Mesuji

DPP PAN menyetujui rekomendasi dari DPW PAN Lampung untuk menetapkan Idrus Taufik sebagai calon Wakil Bupati Mesuji. Foto: Istimewa.

Bandar Lampung – Dewan Pimpinan Pusat [DPP] Partai Amanat Nasional [PAN] menerbitkan surat bernomor PAN/A/KU-SJ/019/VI/2020, perihal persetujuan nama calon Wakil Bupati Mesuji dari PAN. Surat ini terbit, 18 Juni 2020 ditandatangani oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan [Zulhas] dan Sekretaris Jendral PAN Eddy Soeparno.

Surat ini ditujukan kepada Ketua DPD PAN Kabupaten Mesuji Agus Setio. Dan ditembuskan kepada Ketua DPW PAN Provinsi Lampung Irfan Nuranda Djafar; Pimpinan DPRD Kabupaten Mesuji; dan Bupati Mesuji Saply TH. Berikut isi suratnya.

Assalamu’alaikum wr.wb

Teriring salam dan doa semoga saudaraku senantiasa mendapatkan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas keseharian, amin.

Memperhatikan Surat DPW PAN Provinsi Lampung nomor PAN/08/A/K-S/65/VI/2020 tanggal 16 Juni 2020, perihal permohonan rekomendasi calon Wakil Bupati Mesuji sisa masa jabatan periode 2017-2022, maka DPP PAN dengan ini memutuskan sebagai berikut:

1. Menyetujui penetapan nama calon Wakil Bupati Mesuji sisa masa bakti 2017-2022 dari PAN atas nama; Sdr Amin Aris dan Sdr Idrus Taufik.

2. Menginstruksikan kepada DPW PAN Provinsi Lampung dan DPD PAN Kabupaten Mesuji untuk segera mengajukan nama calon Wakil Bupati Mesuji dari PAN dimaksud, sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

3. Menugaskan kepada fraksi PAN DPRD Kabupaten Mesuji untuk mendukung dan memenangkan calon Wakil Bupati Mesuji dari PAN tersebut di atas, dalam pemilihan di DPRD Kabupaten Mesuji.

Demikian surat persetujuan ini disampaikan, untuk diperhatikan dan dilaksanakan.

Wassalamu’alaikum, wr. wb

Ketua DPW PAN Provinsi Lampung Irfan Nuranda Djafar membenarkan edaran surat serta isinya kepada reporter Fajar Sumatera, Sabtu, 27 Juni 2020. “Ya,” tulis Irfan dalam pesan Whatsappnya.

Rekomendasi calon Wakil Bupati Mesuji untuk Saply TH ini merupakan dampak dari Operasi Tangkap Tangan [OTT] yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi [KPK] kepada Bupati Mesuji terdahulu, Khamami –suami dari Ketua DPRD Kabupaten Mesuji sekarang Elfianah.

Khamami divonis pidana penjara delapan tahun karena terbukti melakukan pungutan fee proyek dengan besaran fee sebanyak 20 persen.

Orang kedua yang direkomendasi oleh DPP PAN bernama Idrus Taufik belakangan diketahui adalah adiknya Khamami.

Irfan mengatakan, perihal adanya label adik koruptor yang melekat pada Idrus Taufik, PAN dimungkinkan untuk melakukan perubahan atas rekomendasi kepada adik Khamami itu.

“Belum ada surat yang sama untuk calon lain selain kedua orang calon wakil tersebut,” jelas. “Ya nanti kita lihat, kalau memang benar seperti itu ya kita rubah lagi, sementara ya begitu,” tambah dia.

Hasil riset Fajar Sumatera, nama Idrus Taufik muncul di media massa ketika dia dan Khamami mengalami dugaan penganiayaan. Saat itu, identitas calon Wakil Bupati Mesuji yang mencuat ke publik adalah Idrus Tofik. Itu menurut pengakuan Khamami.

Orang yang direkomendasi DPP PAN itu juga adalah anggota DPRD Kabupaten Mesuji dari Partai NasDem, satu partai dengan Khamami. Bedanya, Khamami sudah dipecat karena tersandung kasus korupsi.

Dalam struktur keanggotaan, adik Khamami tersebut terpilih sebagai dewan periode 2019-2024 dari Dapil Mesuji I [Kecamatan Mesuji dan Mesuji Timur]. Identitasnya yang terpublikasi adalah Idrus Taufik.

Selain dewan, dia juga merupakan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia [KNPI] Kabupaten Mesuji untuk periode 2020-2023 yang terpilih secara aklamasi. Ketika itu, identitas yang dia gunakan adalah Idrus Topik.

Informasi yang dihimpun Fajar Sumatera, kedua calon Wakil Bupati Mesuji yang direkomendasikan PAN –Idrus Taufik dan Amin Aris– adalah adiknya Khamami. Irfan belum merespon atau memberikan tanggapan saat ditanya Fajar Sumatera mengenai informasi tersebut. (Ricardo Hutabarat)

DPP PAN DPW PAN Lampung Idrus Taufik Khamami KPK Zulkifli Hasan

Posting Terkait