200 Rimbawan Bahas Hutan Lindung

KOTAAGUNG  – Sekretaris Kehutanan Lampung Azairin menggelar temu rimbawan dengan 200 mitra Kesatuan Pengelolaan Hutan(KPH) dalam rangka peningkatan kapasitas SDM menuju optimalisasi tugas pokok dan fungsi di Kantor Pekon Purwodadi, Kecamatan Gisting, Tanggamus, Senin(14/5/2018).

“KPH sebagai sebuah lembaga mempunyai tiga komponen utama. Yaitu, organisasi, peraturan, dan kebijakan SDM. Hal tersebut saling terkait dan mendukung pencapaian kinerja atau tujuan pembangunan KPH perkembangan pada salah satu komponen akan langsung berakibat pada kita semua,” kata Azairin.

Lebih lanjut Azairin mengatakan Kegiatan ini merupakan panduan bagi mitra KPH dalam melaksanakan tugas-tugas membantu ketika melaksanakan tugas pokok dan fungsi wilayah kerja Mitra. Sasaran strategi komunikasi data pihak sebagai unit pelaksanaan teknis dinas kehutanan di tingkat bawah.

Dalam upaya mewujudkan kelestarian lingkungan hidup karena di Lampung pemprov telah menetapkan 14 UPTD dan 1 UPTD KPHK Taman hutan Raya dalam Rangka mendukung pengelolaan hutan yang berkelanjutan di masing-masing KPH diperlukan SDM yang memadai. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Kasdim 0424/Tanggamus Mayor Inf Erwin Suhada memaparkan materi tentang peranan TNIdalam menjaga dan melestarikan hutan menuju optimalisasi tugas pokok dan fungsi KPH. “Saat ini, Kodim selalu senergi dalam memberatas illegal logging yang marak di hutan lindung Tanggamus,” ungkapnya.

Kodim 0424  sering mengadakan kegiatan yang intinya untuk memantau atau melihat secara langsung tentang kondisi hutan lindung yang saat ini sudah rusak oleh oknum.

“Tentu saja dan harus kita berhentikan sekarang juga dan apabila ada anggota Kodim yang masih melakukan illegal logging tersebut bisa disampaikan ke Dandim langsung,” tandas Erwin Suhada.

Erwin mengaku untuk menjaga hutan lindung tidak bisa hanya dibebankan oleh Polhut maupun mitra KPH saja. Semua yang terkait harus saling komunikasi utamanya masyarakat sekitar hutan lindung jangan diam apa bila melihat masyarakat melakukan ilegal loging segera melaporkan ke aparat terkait.

Kepala Seksi KPH Lampung Rizal menyampaikan materi tentang peran KPH, Polhut dan mitra KPH dalam pengamanan hutan. Antara lain, untuk wilayah Tanggamus hutan lindungnya sangat luas dan tak bisa tergantung dengan polhut maupun mitra KPH. Harus bekerja sama dengan instansi terkait seperti TNI dan Polri.

“Saat ini, masyarakat sudah banyak berkebun di area register. Untuk ke depan kita akan laksanakan penurunan perambah hutan jangan sampai kita diamkan akan bertambah banyak hutan register tersebut yang mengolah untuk berkebun bahkan bukan hanya masyarakat dari Tangggamus sudah masuk dari kabupaten lain,” ujar Rizal.

Untuk itu perlu melakukan pendekatan terlebih dahulu sebelum bertindak lebih jauh dalam rangka penurunan perambahan ini. Kalaupun itu masih tetap tidak ingin turun, maka langkah terakhir bersama-sama dengan aparat lainnya untuk bertindak bersama.(SB/CD)

1,644 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

200 Rimbawan Bahas Hutan Lindung

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan