60 Persen UMKM Tak Berizin

Pengunjung memilih sepatu produksi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Semarang Industri Ekspo, di Semarang, Jateng, Senin (12/5). Kementerian Koperasi dan UKM memprediksi pada tahun ini jumlah UKM di Indonesia akan mencapai 58 juta unit. ANTARA FOTO/R. Rekotomo/Koz/nz/14.

JAKARTA—Kepala Pusat Kajian Pendidikan dan Pelatihan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A I LAN), Hari Nugraha menyatakan, hingga kini, jumlah usaha mikro kecil menengah ( UMKM) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia berkisar 56,7 juta. Dari jumlah itu, 60 persen di antaranya belum memiliki izin.

Baca Juga:  Pemprov Percepat Operasional PT Jamkrida Topang UMKM

“Dari 56,7 juta UMKM itu, 98 persennya merupakan perusahaan mikro,” ujarnya, Minggu (19/11).

Menurut Hari, UMKM yang tidak berizin akan sulit mengakses berbagai bantuan permodalan dan peningkatan kapasitas di Indonesia.

Salah satu persoalannya, motivasi UMKM yang sulit digerakkan. Mereka sudah merasa cukup dengan pencapaian mereka. Karena itu, yang harus dikejar bukan hanya masalah data tapi juga pendampingan.

Baca Juga:  Ibu Negara: UMKM Harus Kembangkan Sistem Online

“Dibutuhkan pendampingan sehingga mereka sadar bahwa apa yang dilakukan bukan hanya untuk pendataan tapi memajukan Indonesia,” ungkapnya.

Untuk mengatasi persoalan perizinan ini, dibuat sebuah apikasi bernama Sinta UMKM atau Sistem Izin Terpadu untuk UMKM. Sinta UMKM merupakan quick win reformasi nasional terkait perizinan.

Dalam aplikasi ini terdapat informasi perizinan, bagaimana mengakses berbagai informasi, termasuk kebutuhan pendanaan dan kapasitas UMKM.

Baca Juga:  Menteri Koperasi Beri Penghargaan Kepada Gubernur Ridho

Sistem ini akan diterapkan secara nasional dan dikoordinasi oleh leading sektor terkait perizinan UMKM di daerah. Rencananya, aplikasi ini mulai collecting pada 2018.

Program ini, sambung Hari, bisa menumbuhkan UMKM. Saat ini, UMKM mampu menyerap 90,12 persen tenaga kerja nasional. UMKM memberikan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) 3,74 persen dari usaha mikro.(kmp)

UMKM

Posting Terkait