Adipati Berharap Investor Dukung Usaha Peternakan di Waykanan

Jomi | Fajar Sumatera

BLAMBANGANUMPU – Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya, hadiri puncak Pelayanan Terpadu Peternakan dan Kesehatan Hewan di Kampung Bumi, Kecamatan Pakuan Ratu, Rabu (20/19).

Raden Adipati Surya mengatakan, pembangunan peternakan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak. Selain itu juga pelesatarian lingkungan hidup serta peningkatan pendapatan daerah.

Peran strategis peternakan juga, lanjut Adipati, berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan dan pemenuhan kecukupan pangan yang bermutu dan terjangkau serta terpenuhinya pelayanan kesehatan yang bermutu.

Baca Juga:  4 Kabupaten Kebanjiran 5 Tewas

Adipati juga menyampaikan, kesehatan hewan adalah bagian dari kesehatan masyarakat dan menjadi bagian dari perlindungan plasma nuftah sekaligus sebagai bagian dari pembangunan pertanian.

Maka dipandang perlu adanya reorientasi wawasan pengamanan ternak dari pendekatan penyakit hewan menjadi pendekatan kesehatan hewan, sehingga akan berimplikasi pada keberhasilan budidaya ternak dan pencegahan penularan penyakit hewan ke manusia.

Baca Juga:  Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, Ini Pesan Adipati

“Tantangan yang kita hadapi saat ini belum seimbangnya permintaan dan hasil produksi peternakan akibat masalah mewabahnya beberapa penyakit hewan menular, seperti flu burung, rabies, penyakit mulut, kuku serta penyakit lain-lain,” ujar Adipati.

Dirinya pun beraharap, kegiatan ini  dapat menjadi wadah pertemuan antara peternak sekaligus kesempatan bagi pengusaha peternakan dan agroindustri untuk melihat dan mengetahui perkembangan teknologi industri dan isu terbaru serta membuka peluang pengembangan jaringan dan membangun kerjasama bisnis/kemitraan.

Baca Juga:  Cegah Corona, Aktivitas Kedinasan dan KBM di Waykanan Dilakukan di Rumah

“Saya berharap pihak swasta ataupun investor untuk dapat mendukung usaha peternakan di Kabupaten Waykanan,” kata Adipati.(JOM)

Investor Peternakan Raden Adipati Surya Waykanan

Posting Terkait