Adipati pimpin rapat pembahasan rancangan perda

Bupati way kanan RADEN ADIPATI SURYA didampingi wakil Bupati way kanan ALI RAHMAN menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah Tentang RPJMD 2021-2026 dan Penyampaian Rancangan KUA-PPAS Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Way Kanan . (Kamis, 29 Juli 2021)

Dalam sambutan Bupati way kanan mengatakan bahwa rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan dokumen yang akan menjadi acuan dalam pembangunan wilayah dalam 5 tahun kedepan sekaligus digunakan sebagai instrumen evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Bupati pun menegaskan bahwa Kabupaten Way Kanan menurut pola tata guna lahannya sebagian besar merupakan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan. Selain itu Kabupaten Way Kanan merupakan daerah river basin yang sebagian besar sungai-sungainya mengalir dari arah Barat yang berbukit-bukit menuju kearah Timur yang landai.

Sebagian air sungai ini dikelola melalui Daerah Irigasi (DI) Way Umpu, Bendung Way Besai dan Suplesi Way Besai, serta Daerah Irigasi (DI) Komering.

Adipati mengatakan hal ini sangat potensial bila dimanfaatkan untuk pemanfaatan pertanian, perkebunan, budidaya ikan, dan pariwisata, Secara kewilayahan Kabupaten Way Kanan terdiri dari 15 Kecamatan, 221 kampung, dan 6 kelurahan.  Pada tahun 2021 dari 221 kampung, sudah tidak ada lagi kampung dengan kategori sangat tertinggal, kampung tertinggal sudah berkurang dari 21 kampung menjadi hanya 19 kampung, kampung berkembang dari semula 180 kampung berkurang menjadi 172 kampung, dan kampung kategori maju sudah bertambah menjadi 29 kampung dari sebelumnya 20 kampung, dan sudah ada 1 (satu) kampung mandiri.

Disamping itu Adipati menyampaikan Visi misi dalam 5 tahun ke depan memperhatikan isu strategis dan mempertimbangkan kondisi eksternal maupun internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan dihadapi maka menetapkan Visi, “Way Kanan Unggul dan Sejahtera”.

Dalam Visi Way Kanan Unggul dan Sejahtera terkandung makna bahwa Pemerintahan kedepannya bertekad membawa Kabupaten Way Kanan menempati posisi yang baik diantara pemerintah kabupaten lain.

Dalam mewujudkan Visi tersebut akan dilaksanakan dengan 4 Misi yaitu :

Mewujudkan tata Kelola Pemerintahan Yang Baik.

Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.

Meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan kompetensi SDM daerah.

Meningkatkan perekonomian daerah berbasis kawasan didukung ketersediaan infrastruktur.

“Dengan mempertimbangkan kemampuan yang kita miliki dan persoalan pandemi yang belum berakhir”. Tutup Adipati.

Hendri/Habibi

Posting Terkait