Akibat Kelamaan Menduda

Agui

Ini persoalan, buat duda. Makanya, orang tua jaman dulu selalu bilang, jangan menduda kelamaan lantaran  bisa berbahaya. Darto (nama disamarkan), usia 38 tahun, ternyata tak pernah mendengar nasihat orang tua, ujung-ujungnya bini tetangga yang suaminya kerja di Malaysia, disikat.

Menjadi duda atau janda muda, adalah status yang menyiksa bagi yang terkena. Hidup menjadi penuh hari-hari sepi. Namun demikian daya tahan janda lebih kuat ketimbang duda. Janda baru menikah lagi ketika makam suami ditumbuhi rumput. Kalau duda muda, kuburan istri masih merah sudah mbanyaki pengin cari casing baru.

Darto, yang tinggal di Telukbetung, Bandarlampung, hampir  4 tahun menduda setelah istri meninggal. Ibarat orang ngerokok, biasanya klepas-klepus jadi ahli hisab, kini harus bengong. Kalau rokok masih ada yang nawari, atau minta pun pasti diberi. Lha kalau bini? Mana ada orang pinjam bini tetangga, atau tetangga menawarkan istrinya untuk si duda kesepian.

Baca Juga:  Keperkasaan Kuli Bangunan

Ketika solusi belum ditemukan, kebetulan suami tetangga selang beberapa rumah pergi jadi TKI ke Malaysia. Otomatis istrinya, sebut saja Darti, usia 32 tahun,  jadi nganggur di rumah, Maka  Darto yang  kesepian berandai-andai. Andaikan bisa mengencani Darti asyik jruga. Wajah memang biasa, tapi bodinya meck, sekel nan cemekel.

Diam-diam Darto mencoba mendekati Darti. Kenapa dia begitu pede? Soalnya kan dalam nasib yang sama. Darti pasti juga kesepian karena jauh dari suami. Ketimbang sama-sama kesepian tanpa makna, alangkah baiknya berkoalisi saja, kemudian dilanjutkan dengan eksekusi.

Baca Juga:  Ada Bu Toyib

Prediksi Darto ternyata tepat. Darti juga sama-sama kesepian seperti dirinya, hanya saja dia tidak sampai ngajak lelaki.  Awalnya Darti malu-malu didekati, tapi lama-lama malah malu-maluin. Sebab meski tetangga kanan kirinya saling berdekatan rumahnya, dia tanpa risih menerima Darto berkunjung ke rumahnya malam hari pula. Di situ dua-duanya memang sama-sama menemukan apa yang dibutuhkan. Dulu sama-sama kesepian, kini sama-sama keenakan.

Sekali keenakan, Darto terus menyatroni Darti malam hari untuk memintah jatah, layaknay suami Darti. Lama-lama skandal itu tercium oleh tetangga, sehingga ada yang kasih kabar ke suami darti nun jauh di Malaysia.

Baca Juga:  Bini Tak Tahan Dingin

Aklhirnya suami Darti, pulang ke Lampung. Setibanya di rumah dia klarifikasi pada istri, benarkah selingkuh dengan Darto lelaki sontoloyo itu? Ternyata dia mengangguk dengan alasan kala itu dipaksa dan diancam. Dengan pengakuan Darti ini, semakin menguatkan tekad suaminya untuk menghabisi Darto.

Darto yang baru saja naik sepeda motor itu langsung dihujani seratus pertanyaan oleh suami Darti. Namun, dia berusaha mengelak. Akhirnya, dia pun langsung ke kantor polisi untuk meminta didampingi meringksu Darto.

Darto yang mengetahui, suami Darti bawa polisi pun langsung menghilang. Hingga kini Darto masih buron. Sedangkan Darti dipulangkan ke orang tuanya oleh sang suami alias ditalak.(dule)

Agui

Posting Terkait