Aparatur Kampung Diminta Kelola Dana Desa Sesuai Aturan

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Hj Winarti mewajibkan seluruh Aparatur Kampung dan Kelurahan se Tulangbawang menjalankan seluruh program pembangunan khususnya Dana Desa (DD) sesuai dengan regulasi/aturan tata kelola administrasi dan keuangan yang telah ditentukan.

Pasalnya Winarti mengatakan jika pada tahun ini dirinya diperintahkan secara langsung oleh presiden RI Joko Widodo untuk melakukan pembinaan khusus tentang pengelolaan DD terhadap seluruh Aparatur Kampung dan Kelurahan se Tulangbawang.

Dimana menurut Winarti hal tersebut bertujuan untuk memberikan arahan dan pengertian kepada seluruh Aparatur Kampung dan Kelurahan se Tulangbawang mengenai aturan hukum dalam penerapan realisasi anggaran pembangunan yang bersumber dari DD.

“Sebab dalam tahun ini pemerintah pusat sangat banyak memberikan bantuan anggaran kepada kita melalui Aparatur Kampung dan Kelurahan kita untuk pembangunan di setiap desa dan kampung jadi dengan banyaknya bantuan tersebut presiden hanya meminta kepada saat supaya semuanya terealisasi dengan sempurna tanpa adat cacat hukum sama sekali,” katanya usai menghadiri kegiatan louncing peningkatan kapastias aparatur Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa yang digelar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, bertempat di Gedung Graha Mandala, Kota Bandar Lampung, (18/07) kemarin.

Baca Juga:  Pemerintah Klaim Program Dana Desa Turunkan Angka Kemiskinan

Oleh Karena itu Winarti menerangkan betapa pentingnya arahan dan perintah tersebut maka dirinya dalam tahun ini melalui Inspektorat dan dinas Pemberdayaan masyarakat dan pemerintah kampung akan melakukan pembinaan dan mengawasi semua anggaran yang di kerjakan oleh masing – masing Aparatur Kampung dan Kelurahan se Tulangbawang.

Supaya Lanjut Winarti selain semua aparatur kampung dan kelurahan dapat merealisasikan anggaran pembangunan sesuai target dan sampai sempurna.

Baca Juga:  RAPBDes Beres, Pesawaran Segera Terima Dana Desa

“Saya juga menginginkan semua anggarannya dapat terealisasi sesuai aturan dan tata tertib ketetapan hukum yang sudah di sepakati karena jangankan presiden, saya sendiri saja tidak mau kalau ada aparatur kampung dan kelurahan yang terkena ataupun tersandung masalah hukum di akhir tahun nantinya,” terangnya.

Untuk itu Winarti menjelaskan demi mencapai hal tersebut maka dirinya meminta kepada seluruh Aparatur Kampung dan Kelurahan se Tulangbawang diwajibkan dapat menghafal semua bait demi bait mengenai aturan hukum dan tata tertib administrasi tentang merealisasikan anggaran pembangunan khususnya yang bersumber dari pemerintah pusat.

Karena Sambung Winarti dengan dihafalnya semua aturan hukum dan tata tertib administrasi tentang realisasi anggaran pembangunan dari pemerintah pusat.

“Maka saya yakin semua bukan saja beres tepat sasaran melainkan semua anggaran yang terealisasi dapat lolos dari jeratan hukum sebab setiap saat kita menerima bantuan anggaran maka kita akan selalu ingat mengenai aturan hukumnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Desa di Lamsel Kelebihan Dana

Sehingga Winarti menambahkan dengan begitu kedepan bukan saja aparatur kampung dan kelurahan yang bebas dari jeratan hukum dan masalah yang menyangkut hukum.

Melainkan Lanjut Winarti semua pihak akan aman terlebih lagi dirinya sebab apabila ada aparatur kampung ataupun kelurahan yang terkena masalah hukum maka dirinya yang menjadi nomor satu untuk di panggil dan periksa terkait masalah hukum tersebut.

“Jadi sebelum terjadi hal negatif maka lakukan tugas anda dengan baik dan sesuai prosedur hukum demi keamanan kita bersama khususnya demi lancarnya program pembangunan kedepan, karena jika tidak maka nantinya akan ada persoalan berkaitan dengan hukum, “pungkasnya. (Fs-Mr)

Dana Desa

Posting Terkait