Apresiasi Film Karya Mahasiswa UIN RI

Rektor UIN Radin Intan Lampung Prof. Mukri

Rektor UIN Radin Intan Lampung Prof. Mukri (Ist)

BANDARLAMPUNG – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung,  Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag mengapresiasi karya film mahasiswa yang tergabung dalam UKM-Fakultas Rumah Film KPI (RFK) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK). Apresiasi tersebut disampaikan setelah nonton bareng di ruang sidang rektorat, Selasa (31/10), yang juga dihari oleh sejumlah pimpinan seperti wakil rektor, kabag, dan tentunya mahasiswa.

“UKM Rumah Film KPI ini telah berbuat sesuatu untuk kampus. Bukan sekedar karya, tetapi ada pesan dakwah yang disampaikan. Saya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kalian (RFK). Ini merupakan kebanggaan tersendiri,” kata Rektor pasca menonton film.

Baca Juga:  Kak Seto Hadiri Seminar Cerdas Mendidik Anak

Rektor berharap, para mahasiswa terus mengembangkan potensinya tersebut dan memberikan sesuatu yang nyata untuk lembaga. Ia juga meminta kepada mahasiswa khususnya yang tergabung dalam RFK untuk dapat membuat semacam film semi dokumenter terkait aktivitas dan perkembangan kampus.

Ada tiga film yang disajikan RFK  saat nonton bareng tersebut. Film-film tersebut merupakan film unggulan yang telah meraih penghargaan dan juga juara dibeberapa kompetisi seperti festival film indie ditingkat provinsi  maupun tingkat nasional.

Baca Juga:  Warga Permata Biru Ditemukan Tewas di Saluran Air Belakang UIN

Film-film pendek tersebut diantara berjudul Jangan Punah, Ujian Semester, dan Jangan Lewat 3 Hari. Jangan Punah memberi pesan tentang bagaimana pentingnya mempelajari bahasa lokal dan saling  menghargai budaya serta bahasa yang berbeda.

Film Ujian Semester memiliki genre religi dan horor. Film tersebut menceritakan tentang pentingnya mendekatkan diri kepada Allah SWT dan melaksanakan apa yang telah diperintahkan-Nya. Film ini meraih juara 1 pada Festival Film Indie Darmajaya 2017.

Baca Juga:  UIN Raden Intan Jalin Kerjasama Dengan Lima Ponpes

Kemudia film dengan judul Jangan Lewat 3 Hari. Film ini menyampaikan pesan kepada kita untuk tidak saling bermusuhan dan saling memaafkan. “Dalam setiap pembuatan film, kami juga mementingkan unsur dakwah atau pesan yang akan disampaikan. Karena motto kami ialah berdakwah melalui film,” kata Rina Wijayanti ketua UKM-F RFK.

Mahasiswa semester tujuh itu juga menjelaskan, saat ini Rumah Film KPI telah membuat 15 film pendek dan 2 film dokumenter. Dalam waktu dekat, RFK akan bekerjasama dengan Bagian Humas UIN untuk membuat video profil singkat UIN Raden Intan Lampung. (RM)

UIN Raden Intan

Posting Terkait