Bandar Lampung

Gubernur Motivator nan Kharismatik

Ir. Lili Mawarti, M.Si (Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung didampingi stafnya saat diwawancarai Tim M-Kreasi, 23/8/2023 di Kantor Disnakkeswan Lampung.

Ir. Lili Mawarti, M.Si adalah sosok Aparatur Sipil Negara yang berproses pada jenjang dinamika kepegawaian di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, terkhusus di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan).

Periode awal tahun hingga pertengahan 2020, dirinya menjabat sebagai Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung, lebih tepatnya saat itu sembilan bulan menjadi Plt, merupakan sebuah titik balik perjalanan hidupnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), yaitu dari proses perjalanan karir dan pencapaiannya atas sebuah kepemimpinan organisasi perangkat Daerah (OPD).

Jelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 2020 Masehi, tepatnya 1 Minggu tersisa puasa Bulan Ramadan, sebuah momen yang tidak terlupakan bagi Lili ketika dirinya dipanggil oleh Gubernur Arinal Djunaidi ke kediaman Rumah Dinas Gubernur Lampung.

“Kamu siap ya jadi Kepala Dinas Peternakan,” ujar Gubernur Arinal saat itu yang memang mengetahui latarbelakang Lily adalah ASN dilingkungan Dinas terkait.

“Kamu siapkan diri kamu untuk mengikuti proses dan tahapannya. Kamu harus yakin atas kemampuan diri kamu dalam memimpin Dinas Peternakan, jangan ragu ragu,”imbuh Gubernur.

Tentu menjadi sebuah momen haru bagi Lili ketika seorang pemimpin memberikan apresiasi dan kepercayaan terhadap kinerja bawahannya. Bukan berarti Gubernur tidak melihat grafik dan progres kinerja dari setiap bawahannya.

Menurut Lily, Gubernur adalah pemimpin yang cermat dan mampu memotivasi bawahannya untuk lebih berkembang, sekalipun harus ada ujian sebagai sebuah penilaian atas kemampuan membangun kepemimpinan.

“Li, kamu menghadap ke Menteri. buat surat ke Kementerian minta bantuan sapi,”ujar Gubernur Arinal.

Hal ini menjadi tantangan bagi Lily untuk menjalankan arahan pimpinannya, dimana Lili paham benar tipikal Gubernur Arinal ketika memberikan arahan maka tugas itu harus segera dijalankan dan Gubernur akan terus memonitor apa yang menjadi arahannya tersebut

Lily hanya harus memaksimalkan potensi dirinya dalam mendedikasikan tugas dan kinerjanya atas apa yang menjadi arahan sang pemimpin, setelah itu dirinya hanya harus Istiqomah dan menyerahkan penilaian kinerja dirinya dari pemimpinnya tersebut.

Momen jelang lebaran Tahun 2020 itulah yang Lili tidak bisa melupakan seumur hidupnya, tatkala Gubernur Arinal memberikan kepercayaan untuk Lili memimpin Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung.

“Beliau adalah seorang pemimpin yang kharismatik dan menjadi motivator untuk saya agar bisa selalu bekerja dengan baik. Pesan beliau yang selalu saya ingat adalah bekerjalah dengan hati, seorang pemimpin harus mempunyai sifat antara pikiran, ucapan dan tindakan harus seirama,”papar Lili.

Pesan yang diberikan oleh Gubernur Arinal begitu mendalam bagi Lili. Dirinya mengaku sangat terharu dan bangga atas penilaian objektif dan profesionalitas Gubernur Arinal terhadap kinerja bawahannya. (Deni Kurniawan)

Arahan Gubernur Arinal yang juga menjadi perhatian banyak pihak terutama kepada dirinya adalah agar terus berkarya dan tidak mengandalkan dana dari APBD dan APBN untuk berinovasi. (Deni Kurniawan)

Loading

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button