Banjir Rendam 50 Rumah di Kalibalau

Tinus | Fajar Sumatera

BANDAR LAMPUNG – Akibat hujan deras yang turun selama hampir tiga jam pada Jumat (6/12) malam, menyebabkan 50 rumah yang terletak di bantaran Sungai Kalibalau, RT 03 Lingkungan 1, Kalibalau Kencana, Kedamaian, Kota Bandar Lampung, terendam luapan air sungai.

Sejak pukul 23.00 WIB, air mulai meluap dan naik ke permukiman warga yang berada di sekitaran sungai. Air yang meluap mencapai ketinggian dada orang dewasa, yang juga turut menyeret sampah plastik dan batangan kayu , serta material bangunan  rumah warga.

Baca Juga:  Dua Kecamatan Masih Terendam Banjir

Meski ketinggian air terus meningkat, tak banyak warga yang mengungsi ke tempat evakuasi. Banyak warga yang memilih untuk bertahan di dalam rumah, untuk menjaga harta benda miliknya.

“Kalau ketinggiannya di bawah (dekat sungai) nggak bisa dipastikan, karena makin kita kebawah makin dalam lagi. Biasanya sih kalau baru hujan begini banjirnya surut 1 sampai  2 jam,” jelas Ketua RT setempat, Sunar.

Baca Juga:  Luapan Sungai Ciliwung Banjiri Rumah Warga

Kelurahan Kalibalau Kencana ini merupakan daerah langganan banjir, yang setiap tahunnya dimusim penghujan, saat hujan deras turun, daerah ini dipastikan akan terandam luapan air sungai.

Bukan tanpa alasan mengapa wilayah ini selalu dilanda banjir, buruknya sistem drainase di permukiman ini menjadi penyebab utama banjir kerapkali datang dan merendam permukiman warga setiap tahunnya.

Baca Juga:  Hujan Lebat Banjir Rendam Beberapa Tempat di Bandarlampung

Warga mengharapkan pada Pemerintah Kota Bandar Lampung, dapat segera menyelesaikan permasalahan ini, agar pada saat hujan deras kembali turun mereka tak perlu was – was kembali terendam banjir.(TN)

Banjir Kalibalau

Posting Terkait